Branding

Manfaat Pentingnya Brand Essence Pada Perusahaan

Dari penjelasan brand essence yang kita bahas sebelumnya, dapat kita pahami bahwa manfaat brand essence itu yang membuat sebuah brand lebih manusiawi. Melansir dari forbes.com, desain yang humanis dapat menjadi kunci menjadikan brand mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan dan produk serta pengalaman yang dapat memberikan arti ke kehidupan manusia.

1. Mengoptimalkan Pesan Kreatif

Dengan Brand Essence memudahkan membuat nilai, mendefinisikan brand, desain produk, sampai dengan membangun marketing tools. Ketika Brand Essence sudah terbentuk di awal dengan jelas maka memudahkan segala hal dalam hal mengambil keputusan.

Mengutip Denise Lee Yohn dalam What Is Brand Essence – and Brand Essence Exercises, Brand essence adalah elemen yang sangat penting dari brand strategis anda karena jika anda ingin menginginkan pelanggan anda memahami jelas brand anda sebagai apa, maka sebaiknya anda sudah jelas memahami dalam membuat brand essence tersebut. Jadi ketika karyawan anda berada di suatu tempat bersama dengan orang yang bukan karyawan anda, dia dapat menjelaskan brand anda tersebut dengan mudah tanpa perlu menyebutkan Tagline atau Slogan.

2. Dapat Memotivasi Emosi Audiens

Phillip Kotler, dalam Discovering Your Brand essence dari brandingstrategyinsider.com, menyebutkan bahwa implikasi dalam atribut ini adalah manfaat yang fungsional, yang dimana adalah tangga ke dua. Dan implikasi dari manfaat yang fungsional adalahm manfaat emosional, yang dimana adalah anak tangga ke tiga. Pada akhirnya, Manfaat emosional menyiratkan esensi pada brand. Pada saat anak tangga sudah pada titik teratas, fokus berkurang pada atribut dari brand dan lebih kepada peran brand pada kehidupan sehari-hari pelanggan.

Emosional Pelanggan dapat tergugah dan memiliki ikatan dengan brand kita dikarenakan kita memiliki brand essence yang sudah dibangun dengan teliti dan jelas. Ini juga dapat membantu dalam hal kompetisi dengan kompetitor. Dengan memiliki brand essence anda memiliki kesempatan yang lebih dalam kompetisi.

3. Menjaga Konsistensi

Sebuah penelitian dari Edelman dalam In Brands We Trust?, menemukan bahwa 81% dari pelanggan membutuhkan kepercayaan sebelum membeli. Sebuah brand essence sudah pasti dapat menjaga kepercayaan karena konsisten terhadap brand essence yang kita miliki.

Itulah manfaat dari brand essence yang kami rangkum dari berbagai sumber. Jika anda tertarik atau ingin mengembangkan brand anda dengan brand visual yang dapat meningkatkan pengalaman konsumen anda, jangan ragu untuk diskusi dengan kami.

Muha

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

16 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago