Insight

Tips Memulai Usaha Agro Bisnis Bagi Para Pemula

Agro bisnis merupakan sebuah usaha yang berfokus kepada pertanian maupun hasil tani. Sehingga cocok untuk Anda yang memiliki minat dan pengetahuan pertanian sekaligus bisnis.  Selain itu, bisnis jenis ini pun memiliki peluang yang bagus.

Hal ini karena pertanian berhubungan erat dengan pangan yang akan dibutuhkan oleh manusia untuk makan. Tidak hanya itu saja, Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara yang  memiliki lahan pertanian luas dan subur.

Usaha ini memang memiliki peluang yang bagus, tetapi Anda perlu menyiapkannya dengan baik. Sehingga saat mulai Anda tidak lagi bingung dalam menjalankannya. Adapun yang perlu Anda siapkan yaitu adalah sebagai berikut!

Melakukan penelitian

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan penelitian, sehingga nantinya tidak menjadi boomerang. Baik dalam menyiapkan surat izin usaha maupun dokumen lainnya untuk memastikan usaha Anda terlindungi oleh badan hukum. Selain itu, Anda perlu menentukan target market yang akan disasar nantinya.

Anda dapat menilai dari segi psikologi yang mencakup kebiasaan, hobi atau kesukaan, maupun kebutuhan. Adapun dari segi demografi, maka yang perlu Anda perhatikan yaitu letak geografis, usia, pendapatan, status pernikahan, dan lain sebagainya.  

Tidak hanya itu saja, Anda pun perlu menentukan pihak supplier. Apakah akan Anda sendiri yang menyediakan produk atau mengambil dari orang. Jika memang mengambil dari orang, silahkan untuk melakukan survey mengenai harga dan kualitas produk yang diberikan oleh masing-masing calon supplier.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan

Menentukan produk

Setelah melakukan penelitian, maka saat nya untuk menentukan produk. Untuk penentuan ini, akan sangat berkaitan erat dengan target market yang ingin Anda sasar. Misalnya, jika Anda menyasar ibu-ibu yang ingin memasak tanpa repot memilih jenis sayuran satu-satu. Selain itu, memiliki kebiasan belanja yang tidak terlalu lama dan berada di daerah perkotaan.

Maka, produk yang dapat Anda tawarkan adalah jenis sayuran yang sudah dikategorikan. Seperti sayur asem, capcay, sayur sop, dan lain sebagainya.  Tidak hanya sayuran, dalam penentuan bumbu pun dapat Anda siapakan sesuai dengan kategorinya.

Berinovasi

Mengingat setiap tahun selalu ada yang baru dalam bidang teknologi, maka Anda pun perlu terbuka atas perubahan zaman tersebut. Sehingga mau tidak mau, Anda pun perlu mengikutinya untuk menjangkau konsumen atau customer jauh lebih luas.

Misalnya, dengan menggunakan sosial media dan memproduksi konten yang sedang trend.  Tidak hanya mengenai pemasarannya saja, jika Anda memutuskan untuk memproduksi hasil tani maka dapat memanfaatkan peralatan yang lebih canggih.

Seperti halnya, panel surya, rone yang telah dilengkapi teknologi untuk melihat kondisi tanaman, bahkan alat  ramalan cuaca hiperlokal yang diklaim akurat. Tentu alat-alat tersebut akan membantumu dalam merawat tanaman, bukan? Sehingga membuat produktivitasnya lebih tinggi dan maju.

Cari mitra dan gabung komunitas

Untuk mengembangkan usaha, Anda juga dapat mencari mitra lokal yang berada dekat dengan daerah Anda memasarkan produk.  Dengan begitu, tingkat kontribusi produk akan jauh lebih menyebar. Namun, sebelum itu Anda perlu menerapkan sistem yang akan digunakan nantinya.

Misalnya, harga jualnya Rp 5000 per produk, maka 20% nya dari harga tersebut menjadi keuntungan mitra. Selain itu, gabunglah dengan berbagai macam komunitas yang masih relevan sehingga dapat berdiskusi atau memasarkan produk Anda dengan baik.

Baca Juga: Yang Harus Dilakukan Setelah Memiliki Visual Brand

Membuat logo

Dengan adanya logo, maka produk-produk yang Anda jual akan lebih dikenali oleh para konsumen. Selain itu, dalam pembuatan logo Anda perlu memasukan gambaran dari tujuan, karakteristik produk, dan target market di dalamnya.

Untuk membuat logo, Anda dapat menggunakan Jasa Kemazan.com untuk menghasilakn visual logo yang unik dan berkarakter. Sehingga dapat menjadi identitas bagi brand atau merk usaha Anda.

Agribisnis merupakan sebuah usaha yang berfokus pada hal yang berkaitan dengan pertanian. Adapun yang perlu Anda siapkan adalah melakukan survey, menentukan produk, terbuka untuk berinovasi, dan lain sebagainya.

Selain itu, pastikan pula Anda telah menyiapkan modal yang sesuai dengan anggaran harga produk, peralatan, perlengkapan, sampai dengan harga sewa tempat jika memang dibutuhkan.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

14 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago