Graphic Design

Seberapa Penting Logo Untuk Bisnis? Simak Ini!

Dalam menjalankan bisnis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk didalamnya logo. Hal ini memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat lebih dikenal oleh para konsumen.

Dengan begitu, pembuatannya pun perlu dibuat dengan hati-hati sehingga tidak asal. Anda dapat menyesuaikannya dengan visi misi bisnis, ciri khas produk, bahkan target market yang dituju.

Manfaat Logo Untuk Bisnis

Logo merupakan sebuah sketsa atau gambar yang memiliki makna tertentu sehingga dapat dikatakan menggambarkan sebagian besar dari perusahaan atau brand. Adapun manfaat dari penggunaan logo untuk bisnis adalah sebagai berikut!

1. Menunjukan Kelebihan

by kemazan.com portofolio

Logo ternyata dapat membantu untuk memberikan informasi mengenai kelebihan perusahaan atau brand Anda miliki. Bahkan dapat memberikan gambaran mengenai visi, ciri khas, sampai dengan tujuan dari brand atau perusahaan Anda.

Misalnya, Anda menjual produk berupa gaun untuk perempuan yang ingin menonjolkan sisi feminim dan elegan. Maka logo brand Anda dapat menggunakan warna pink atau pastel dengan jenis font sunflora.

Dimana warna tersebut identik dengan feminim. Selain itu, akan terlihat lebih elegan dengan menggunakan jenis font sunflora.

Baca Juga: Mengapa Desain Logo Sekarang Semakin Sederhana ?

2. Mudah Dikenal

Anda pasti sudah pernah melihat logo-logo dari brand terkenal di dunia, bukan? Seperti halnya Adidas, Nike, Chanel, dan lain sebagainya. Dimana saat melihat logo tersebut, pasti Anda dapat membayangkan kualitasnya, model, harga, dan lain sebagainya, bukan?  Nah, itulah salah satu fungsi dari adanya logo.

Sehingga dengan satu sketsa atau gambar, orang akan mudah mengenal bahwa produk tersebut adalah milik brand atau perusahaan Anda. Sehingga jika sudah mendapatkan kepercayaan masyarakat atau target market, maka orang pun tidak akan ragu untuk membeli produk tersebut.

3. Sebagai Identitas

by kemazan.com portofolio

Logo memiliki peran sebagai identitas resmi dari sebuah merek. Tentu hal ini berkaitan dengan elemen-elemen yang ada dalam logo itu sendiri. Dimana terdapat karakteristik produk sampai dengan tujuan dalam pembuatannya. Sehingga tidak heran apabila, logo menjadi sebuah identitas dari brand atau pun perusahaan.

Meskipun tidak dijelaskan dengan banyak kalimat, tetapi hal tersebut dapat tersampaikan dengan jelas hanya dari satu gambar saja yang memuat font, warna, sampai dengan bentuknya. 

Maka, wajar dalam proses pembuatan logo tidaklah sebentar karena harus mempertimbankan berbagai macam aspek.  Sehingga terlihat menarik, unik, dan dapat menjelaskan sebuah brand secara garis besar.

Baca Juga: 5 Tipe Logo Untuk Memulai Usaha

4. Brand Nampak Profesional

Logo pun memiliki peran yang cukup krusial untuk bisnis karena dapat menjadikan bisnis atau perusahaan tersebut menjadi lebih profesional. Hal ini karena logo memuat informasi mengenai visi maupun karakter dari produk dengan jelas yang dikemas dengan simbol maupun warna menarik.

Selain itu, logo pun menjadi salah bentuk komunikasi kepada konsumen bahwa produk yang diproduksi memiliki fungsi maupun kegenuaan yang dapat membantu masalah target market.

Dengan memiliki logo yang tepat, bisnis dapat meningkatkan kesadaran merek serta memperkuat hubungan dengan konsumen.

5. Pembeda dan Terhindar Plagiarisme Pesaing

by kemazan.com portofolio

Setiap bisnis memiliki logo yang berbeda, meskipun produknya yang nantinya dipasarkan memang sama. Bahkan tidak jarang, ada beberapa pelaku usaha yang mencoba untuk meniru barang dari yang penjual lainnya. Hal ini tentu akan merugikan, jika berlangsung dalam waktu lama, bukan?

Bahkan orang-orang, dapat mengira bahwa produk tersebut adalah produk Anda, padahal bukan. Hal ini akan jauh lebih parah apabila kualitas produk lebih rendah dari produk yang Anda jual.

Nah, dengan keberadaan logo, para konsumen dapat dengan mudah mengenali mana produk Anda dan mana yang bukan. Sehingga  produk tidak akan mudah tertukar dengan produk-produk yang competitor jual. 

Jadi, logo sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Dengan begitu, sebelum memulai bisnis maka jangan lupa untuk mempertimbangkan membuat logo untuk brand atau perusahaan.

Pasalnya itu bermanfaat untuk identitas brand, pembeda dari pesaing, lebih mudah dikenal, dan lain sebagainya.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

14 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago