Tips desain

Rekomendasi Warna Bumi untuk Desain Kemasan

Warna bumi terinspirasi dari warna-warna yang identik dengan alam. Dimana hal tersebut mencakup Tan, hijau, coklat, dan lain sebagainya. Selain itu, warna- warna tersebut identik memberikan kesan yang hangat, netral, dan alami. Sehingga cocok untuk produk-produk yang memang ingin menonjolkan ramah lingkungan, kehangatan keluarga, dan lain sebagainya.

Warna Bumi yang Cocok untuk Kemasan

Ada beberapa warna bumi yang dapat Anda jadikan bahan referensi untuk desain kemasan produk Anda. Dimana warna-warna ini biasanya digunakan oleh beberapa brand untuk kemasan produk mereka. Adapun warna earth tone tersebut adalah sebagai berikut!

1. Tan Palette

by kemazan.com portofolio

Warna satu ini sebenarnya masih satu tone dengan warna coklat, seperti namanya tan palette memiliki karakteristik yang hampir sama dengan warna beige dan turunannya. Hanya saja, bedanya warna ini memiliki tone yang gelap daripada beige.

Selain itu, diketahui bahwa warna ini juga terinspirasi dari permukaan pasir, tanah, kayu, dan batang tumbuh-tumbuhan. Sehingga tidak heran apabila warna ini identic dengan tone klasik dan cocok untuk dijadikan sebagai warna kemasan produk craft, souvenir, dan sebagainya.

2. Forest Green

by kemazan.com portofolio

Warna ini memiliki tone yang di identik dengan warna hijau. Selain itu, Forest Green terinspirasi dari warna yang ada di hutan. Meskipun memiliki satu warna, tetapi kecerahannya dapat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Apa Itu Psikologi Warna? Bagaimana Menggunakan Warna Pada Desain Kemasan

Dari mulai hijau yang gelap sampai dengan yang cerah. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan tingkat kecerahan dengan produk yang hendak dipasarkan.

3. Terracotta

by kemazan.com portofolio

Warna satu ini pernah menjadi trend dan favorit banyak orang, bahkan sampai sekarang pun masih banyak digunakan. Terracotta sendiri memiliki undertone yang sedikit agak merah dan orange yang ada di dalamnya.

Hal ini karena warna satu ini terinspirasi dari warna yang dimiliki tanah. Tone warna ini sendiri cocok untuk digunakan pada kemasan produk yang ingin menonjolkan kecerian dan kehangatan. Seperti halnya pakaian untuk keluarga, cemilan, dan lain sebagainya.

4. Sage Green

by kemazan.com portofolio

Pasti Anda sudah tidak asing dengan warna bumi satu ini karena di tahun  2023, sage green menjadi warna idaman bagi sebagian besar orang. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang menggunakannya. Baik untuk menjadi baju seragam keluarga, baju kondangan, baju idul fitri, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Makna Warna Sage Dalam Desain Kemasan

Tone warna ini sendiri terinspirasi dari tanaman herbal yang biasanya ditemukan pada masakan Eropa Selatan dan Mediterania. Warna ini cocok untuk dijadikan kemasan pada kemasan permen mintz, produk yang cenderung menggunakan bahan alami, dan lain sebagainya.

5. Taupe

by kemazan.com portofolio

Meskipun warna satu ini mirip dengan warna coklat, tetapi taupe memiliki sedikit sentuhan dari warna abu-abu. Sehingga taupe memberikan kesan tampilan yang santai dan tenang. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan warna untuk kemasan produk mainan anak, produk teh, aroma terapi, parfume dan lain sebagainya.

6. Burnt Sienna

by kemazan.com portofolio

Warna ini sendiri memiliki karakteristik coklat kemerahan. Hal ini karena terinspirasi dari pigmen tanah yang mengandung mineral mangan dan besi oksida. Selain itu, warna ini pun jika dipanaskan akan terlihat lebih gelap daripada sebelumnya. 

Warna ini juga cocok untuk dikombinasikan dengan krem, coklat, dan hijau sehingga terlihat ringan secara visual. Warna ini juga masuk ke dalam warna terracotta dan tanah liat. Anda dapat mengaplikasikan tone ini untuk kemasan lipstick, roti, pizza, dan sebagainya.

7. Purple Shamrock

by kemazan.com portofolio

Warna bumi satu ini memang terlihat cukup unik dan tidak terlihat elegan. Purple shamrock sendiri dikenal dengan nama lain yaitu belian sakura. Meskipun berwarna ungu, tetapi tingkat kecerahannya rendah. Warna ini cocok untuk kemasan atau paper bag fashion wanita, hijab, fashion anak dan lain sebagainya.

Warna bumi merupakan tone yang terinspirasi dari alam sehingga tidak heran apabila warna-warna nya juga hampir menyerupai hal yang ada di alam. Seperti halnya batang kayu, daun, tanah liat, dan lain sebagianya.

Warna-warna tersebut sangat cocok untuk Anda gunakan untuk berbagai macam produk. Dari mulai fashion wanita, makanan, sampai dengan teh. Namun, sebelum menentukan warna, ada baiknya untuk mengkaji kembali visi misi perusahaan.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

16 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago