Branding

Personal Branding, Corporate Branding, Product Branding. Apa Bedanya?

Banyak istilah lain dalam hal branding. Seperti personal branding, corporate branding, produk branding, dll. Masing-masing memiliki arti, strategi dan tujuan yang berbeda. Berikut perbedaan dari ketiga jenis branding diatas.

Personal Branding

Menurut Farco Siswiyanto Raharjo dalam buku The Master Book of Personal Branding (2019), personal branding merupakan cara seseorang untuk mengambil kendali penilaian orang lain atas diri individu tersebut.

Personal branding adalah strategi untuk membentuk citra diri sendiri sehingga masyarakat atau orang lain dapat menilainya dari prestasi dan pencapaian yang dimiliki. Bisa dibilang ini merupakan kesempatan Anda menampilkan keunikan serta ciri khas diri Anda.

Dalam buku Mengenal Personal Branding Terlengkap (2013) karya Muhammad Adam Husein, dijelaskan definisi personal branding menurut Ronald Susanto, adalah suatu proses pembentukan persepsi masyarakat terhadap aspek yang dimiliki individu, di antaranya kepribadian, kemampuan, nilai, serta stimulus yang menghasilkan persepsi positif di masyarakat, sehingga dapat dijadikan alat pemasaran.

Corporate Branding

Bersumber dari laman Marketing 91, corporate branding adalah suatu kegiatan yang mana para pemasar menggunakan nama brand perusahaan sebagai usaha pengiklan atas identitas bisnis pada semua saluran komunikasi secara menyeluruh.

Sikap dan juga semangat yang terwujud secara baik di balik produk dan layanan perusahaan mampu memberikan kesan yang mampu membedakan identitas perusahaan di pasar dan juga di benak konsumen.

Walaupun corporate branding masih tergolong ruang lingkup kerja tim marketing, namun strategi ini sebenarnya mempunyai konsep dan tujuan yang jauh lebih luas dari sekedar mempromosikan produk dan juga layanan perusahaan.

Jika bisa dibentuk dengan baik, maka strategi ini mampu memberikan keunggulan kompetitif untuk perusahaan. Selain itu, penjualan produk dan juga layanan di pasar bisa meningkat secara drastis karena konsumen menyadari perusahaan melalui identitas dan juga nama brand yang kuat.

Product Branding

Product branding atau branding produk adalah simbol atau desain yang memberikan produk Anda identitas yang berbeda di pasar. Branding produk dapat dengan mudah dilihat di toko atau supermarket di mana produk diberi merek unik dengan berbagai warna, desain, dll.

Ada beberapa elemen penting untuk menentukan branding produk, antara lain logo, desain, nama, deskripsi, kemasan, dan pesan / slogan. Jika anda membutuhkan branding produk, Layanan dan paket dari Kemazan Team dapat membantu memenuhi kebutuhan brand produk anda.

Semua bagian ini bergabung untuk terhubung dengan konsumen secara emosional. Dan itu juga merupakan ide inti dari branding sebagai kombinasi dari berbagai aspek untuk memengaruhi perasaan dan perilaku konsumen.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

16 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago