Marketing

Pentingnya Kemampuan Digital Marketing di Era Pekerjaan Berbasis Teknologi

Kemampuan digital marketing merupakan salah-satu skill yang sangat diperlukan di era perkembangan teknologi sekarang ini. Dimana Anda semua tidak dapat mengelak lagi bahwa perkembangan dunia digital secara sadar atau tidak telah mengubah banyak aspek kehidupan. Terutama pergerakan bisnis dan bidang karir yang perlahan mulai beralih.

Ada beragam jenis pekerjaan yang diperkirakan dapat digantikan oleh mesin dan tenaga manusia tidak lagi dibutuhkan. Oleh karena itu, sudah seharusnya manusia pun dapat belajar mengadaptasikan diri.

Suka ataupun tidak, menerima maupun menolak, karena bersamaan dengan perkembangan teknologi juga ada banyak jenis peluang pekerjaan baru berbasis internet bermunculan.

Mengenal Keahlian Digital Marketing

Salah-satu hal yang perlu Anda pelajari untuk merespons dinamisnya perkembangan dunia digital tersebut adalah tentang keahlian digital marketing. Sebagaimana kerjasama yang dilakukan oleh Kementrian Perindustrian RI dengan PT Global Edukasi Talenta Inkubator. Dalam menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi profesi digital marketing bagi para mahasiswa.

Kemampuan ini secara sederhana dapat disebutkan dengan keahlian untuk mampu merancang strategi dan teknik pemasaran suatu produk mengandalkan teknologi. Mengingat perkembangan bisnis sekarang yang semakin meningkat setiap hari membuat masyarakat lebih memilih cara berpromosi paling mudah.

Baca Juga: Bagaimana Influencer dan Konten Kreator Membentuk Brand Strategy?

Teknik pemasaran dengan memanfaatkan digital membuat Anda mendapat impression sangat tinggi meski perlu strategi yang tepat. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan cara promosi melalui ketok pintu atau langsung perlu upaya keras yang dapat menghabiskan waktu bahkan uang. Sementara modal utama yang dikeluarkan belum tentu balik.

Hal ini berbanding terbalik dengan digital marketing  yang memungkinkan hanya satu kali unggahan dapat menjangkau audience yang lebih luas.  Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis yang berada di era teknologi.

Aset Digital Marketing

Template Bio Link untuk marketing. Download Now

Dalam praktik bisnis, seorang pengusaha harus memiliki mindset yang mendorong diri dan usahanya terus bertumbuh. Upaya meningkatkan hal ini ada skill set (soft and hard skill) yang perlu diasah dalam membangun personal branding untuk menarik people trust. Termasuk ketika pelaksanaan digital marketing sendiri.

Baca Juga: Membuat LinkBio Dengan WordPress untuk Menumbuhkan Brand

Adapun aset yang diperlukan dalam pelaksanaan tersebut dinamakan personal credibility atau tools. Tools yang digunakan untuk digital marketing terbagi tiga. Pertama ada Search Engine Optimization (SEO) yang digunakan melalui situs web untuk cara mendapatkan impression public sebanyak mungkin.

Kedua ada Search Engine Marketing (SEM) sama seperti SEO, tetapi berbayar. Contohnya, Google Ads yang mengandalkan tata letak kata kunci dalam pencarian di Google. Ketiga ada sosial media yang dapat menjangkau lebih banyak orang dalam waktu singkat secara mudah.

Alasan Pentingnya Mempelajari Digital Marketing

Berbicara tentang karir dan masa depan tentu Anda tahu bahwa kemajuan teknologi sudah merubah segalanya. Oleh sebab itu, keadaan pasti tidak sama begitupun dengan pilihan karir atau pekerjaan. Adapun alasan mengapa pentingnya Anda belajar digital marketing antara lain :

1. Banyak Pilihan Karir

Alasan pertama mengapa pentingnya mempelajari ilmu digital marketing yaitu terdapat banyak pilihan karir. Apabila Anda suka menulis, ada peluang karir di bidang ini seperti menjadi seorang content marketer. Orang yang berfokus pada pembuatan konten pemasaran.

Sementara jika Anda lebih suka bermain dengan data, maka ada pilihan karir menjadi digital strategist. Termasuk pilihan karir lain seperti menjadi seorang social media manager, SEO specialist, dan email marketer.

Baca Juga: Scarcity Strategi Pemasaran Yang Bikin Orang Penasaran

2. Mempunyai Skill yang Luas

Digital marketing merupakan bagian dari ilmu yang dapat menumbuhkan kemampuan. Dengan belajar bidang ini, secara tidak sadar Anda akan mengasah kemampuan mempengaruhi orang lain melalui teknologi. Berdasarkan ilmu dari data analisis, bagaimana cara melakukan pemasaran media sosial, hingga mengoptimasi mesin pencari.

3. Berpeluang Bekerja di Berbagai Perusahaan

Alasan pentingnya belajar digital marketing yang berikut adalah berpeluang mendapat pekerjaan dari berbagai perusahaan. Hal ini karena, hampir semua jenis bisnis dari kecil maupun besar selalu membutuhkan marketing. Selain itu, ada opsi menjadi seorang freelancer atau bekerja dengan tetap menyesuaikan keinginan Anda.

4. Potensi Penghasilan yang Oke Banget

Alasan terakhir, ada potensi penghasilan yang oke banget. Anda mempelajari ilmu digital marketing pasti berpeluang menjadi seorang marketer. Dimana Anda dapat mengapply pekerjaan di bidang ini dengan penawaran gaji tertinggi, apalagi jika memiliki portofolio yang bagus.

Pentingnya keahlian di era pekerjaan berbasis teknologi sangat relevan dengan keadaan. Sedangkan alasan pentingnya mempelajari bidang ini termasuk investasi ilmu kepada diri sendiri. Menurut Anda bagaimana?

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

12 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago