Tips desain

Bagaimana Cara Membuat Kemasan Yang Menarik?

Kemasan menjadi salah satu faktor yang harus Anda perhatikan dengan baik. Pasalnya, jika dibuat asal-asalan bisa saja hasilnya malah tidak menarik sama sekali. Bahkan bisa jadi font, warna, sampai dengan bahan yang digunakan malah hanya akan membuat konsumen menganggap remeh produk. Tentu hal tersebut tidak ingin Anda alami, bukan? Dengan begitu, penting untuk memperhatikan kemasan yang nantinya akan Anda gunakan untuk produk bisnis.

Tips Membuat Kemasan Menarik

Untuk membuat kemasan menjadi menarik tentu tidak bisa dilakukan begitu saja, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Sehingga nantinya, packaging yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Adapun cara untuk membuatnya adalah sebagai berikut!

1. Mempertimbangkan sisi keamanan dan estetika

Food Container Label. Source: moncero marketplace

Dalam membuat kemasan yang perlu ditampilkan tidak hanya keindahannya saja. Namun, Anda juga perlu memperhatikan bahan yang dibuat. Sehingga packaging yang Anda buat tersebut memang aman untuk konsumen. Dengan begitu, konsumen tidak akan terluka atau terancam keselamatannya.

Misalnya, Anda ingin menjual produk salad buah. Maka usahakan untuk memilih packaging yang terbuat dari plastik yang aman. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan stiker lucu di atasnya. Bahkan lebih aman lagi, Anda dapat menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

2. Menggunakan desain sederhana

Usahakanlah untuk menggunakan kemasan yang memiliki desain sederhana. sehingga nantinya kemasan tersebut akan mudah dikenali sebagai produk Anda. Selain karena mudah untuk diingat, packaging yang seperti itu pun dapat meminimalisir biaya pencetakan.

Baca Juga: Mengapa Desain Logo Sekarang Semakin Sederhana ?

Pasalnya, biasanya semakin rumit desain dari kemasan, maka biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan pun akan semakin tinggi. Hal ini disebabkan desain yang rumit biasanya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Selain itu, pastikan jika tagline, warna maupun font sesuai dengan brand usaha yang Anda kelola.

3. Menggunakan warna cerah

Meat packaging source : moncero marketplace

Untuk dapat menarik perhatian konsumen sebaiknya Anda menggunakan warna yang cenderung cerah. Adapun warna yang biasanya digunakan yaitu merah dan kuning. Umumnya warna tersebut sering digunakan untuk basic dari warna kemasan.

Baca Juga: Rekomendasi Warna Bumi untuk Desain Kemasan

Selain itu, Anda juga dapat memilih warna yang tengah populer di kalangan masyarakat. Seperti halnya purple Lilac, Sage green, dan sebagainya. Meskipun begitu, Anda tetap perlu menyesuaikan dengan produk yang dijual. Misalnya, ingin menjual produk kopi, maka gunakanlah warna earth tone.

4. Menambahkan informasi produk

Untuk dapat membuat konsumen semakin yakin dengan apa yang Anda tawarkan. Maka cobalah untuk menyisipkan manfaat, cara penggunaan, hingga dengan kandungan atau bahan yang digunakan dalam produk tersebut. Dengan begitu, konsumen dapat memahaminya dengan baik.

Apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhannya atau tidak. Selain itu, pastikan untuk mencantumkan masa expired. Apabila produk yang ditawarkan memang memiliki masa kadaluarsa. Meskipun begitu, pastikan bahwa informasi tersebut disampaikan secara singkat dan jelas.

5. Memperhatikan bahan kemasan

Standing Pouch Packaging

Setiap produk memiliki bahan kemasan yang berbeda-beda. Sehingga pastikan bahwa bahan yang digunakan memang sesuai dengan kebutuhan produk yang nantinya hendak Anda pasarkan. Misalnya, Anda menjual produk aksesoris, maka dapat menggunakan kemasan yang terbuat dari paper atau plastik daur ulang.

Baca Juga: Bagaimana Elemen Kemasan Mempengaruhi Perilaku Konsumen Untuk Membeli Produk

Dengan menggunakan bahan tersebut,  Anda dapat membangun citra positif di mata konsumen. Sehingga nantinya para konsumen akan menganggap bahwa brand Anda memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.

Meskipun begitu, tetaplah sesuaikan dengan produk. Sehingga kemasan akan tetap serasi dan aman untuk produk tersebut. Contoh, Anda menjual minuman dingin. Maka tidak mungkin untuk menggunakan kemasan dari paper daur ulang.

6. Mencantumkan bukti perizinan dari pemerintah

Apabila Anda menjual produk yang membutuhkan Izin dari BPOM maupun label halal. Maka label tersebut haruslah tercantum dalam kemasan tersebut, sehingga konsumen semakin yakin bahwa produk yang Anda pasarkan tersebut memanglah aman. Adapun produk yang wajib mencantumkan label tersebut yaitu, makanan, minuman, sampai dengan kosmetik.

Baca Juga: Keterangan wajib padapangan olahan

7. Menggunakan karakter yang tepat

Tidak jarang banyak produk menggunakan karakter yang disisipkan dalam kemasan. Sehingga dapat membuat produk kemasan menjadi lebih menarik bagi konsumen. Sisipkanlah karakter yang memang pas dengan produk. Misalnya, Anda menjual sepatu khusus untuk olahraga.

Maka Anda dapat menyisipkan kartun hewan singa yang menggunakan pakaian olahraga. Tentu lengkap dengan menggunakan sepatu produk mu dengan memegang bola. Selain itu, latar belakangnya adalah sebuah lapangan sepak bola.

Baca Juga: Apakah Brand Dengan Mascot Masih Relevan Di 2024?

Dalam membuat kemasan memang ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Seperti halnya dari sisi keamanan dan estetika, menyisipkan karakter yang cocok, menyisipkan informasi produk, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pikirkanlah secara baik-baik sebelum mendesain packaging untuk produk Anda.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

14 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago