Kemasan

Langkah Membuat Desain Kemasan Makanan

Desain kemasan yang bagus memiliki proses pembuatan yang cukup panjang. Desain kemasan yang baik mampu menyampaikan pesan brand secara efektif ke konsumen anda. Sebelum anda meluncurkan produk makanan baru dan memberi arahan ke team desainer atau mendesain sendiri, langkah pertama adalah memahami pesan brand anda.

Apa Produk Anda

Jenis produk yang anda buat untuk kemasan makanan pada akhirnya akan menentukan jenis desain yang anda gunakan.
Misal, jika anda membuat brand keripik dengan bentuk label, ini akan mempengaruhi bentuk style illustrasi, typografi dan layout yang digunakan.

Siapa yang membeli produk anda

Ini sangat penting untuk menggali lebih dalam pola pikir target audien anda. Untuk siapa produk ini ditujukan dan seperti audien anda. Hal ini sangat membantu membangun gambaran paling ideal kustomer anda, jadi anda lebih mudah untuk memahami bagaimana cara menyampaikan pesan ke mereka.

Sebagai contoh anda menargetkan wanita milenial berpenghasilan tinggi, Riset jenis brand apa saja yang dibeli target audien anda, berapa besar uang yang mereka habiskan untuk produk sejenis dan style kemasan yang mereka sukai. Ini akan membentuk sebuah mood board dan benchmark brand yang menginspirasi anda untuk membuat produk ideal untuk audien anda.

Bagaimana anda mendeskripsikan brand dan produk anda

Cara lain untuk memetakan visi untuk brand dan produk anda adalah memikirkan brand anda sebagai kepribadian/brand personality. Kata-kata apa yang dapat digunakan untuk menggambarkan brand anda, dan dari sana anda dapat memulai untuk memikirkan bagaimana ini akan bekerja secara visual.

Apakah produk anda membantu kebutuhan sarapan pagi dengan kandungan multi cereal. Seperti produk Indomilk Good to Go misalnya. Anda dapat menggunakan point personality untuk merubahnya ke illustrasi, warna dan style yang mungkin anda gunakan.

Membuat desain kemasan makanan

Setelah mengetahui visi misi dan personality brand anda. Kini saatnya menerjemahkannya dalam visual kreatif. Hasil ekplorasi brad anda akan menjadi panduan dalam memilih tipografi, warna, illustrasi dan style desain.

1. Memilih jenis font yang tepat

by kemazan.com team

Memilih typografi yang tepat bisa dibilang keputusan penting dalam membuat brand produk. Saat melihat brand map dan audien anda, pahami pesan yang ingin anda sampaikan saat memilih desain anda. Sebagai contoh memilih jenis font yang sedang tren menunjukan bahwa produk anda memiliki pemikiran maju.

Baca Juga: 8 Hal Penting Sebelum Mendesain Label Kemasan

2. Palet warna tentang brand anda

Warna juga memiliki gaya bahasa sendiri. Psikologi dasar warna memberi tahu kita bahwa setiap warna membangkitkan perasaan. Penting untuk memikirkan apa yang diekspresikan oleh setiap kombinasi warna.

Apakah anda ingin tampil minimalis, tenang elegant? atau colorfull, fun, cerah? Warna memberikan suasana dan kepribadian brand anda.

3. Memilih style illustrasi dan desain grafis

by kemazan.com team

Kemasan makanan tidak harus menyertakan illustrasi atau gambar grafis, tetapi ini cara yang bagus untuk menambahkan style dan personality produk anda.
Jika menambahkan grafik illustrasi ke desain kemasan pikirkan tentang style yang menurut anda dapat mengkomunikasikan pesan anda.
Contoh anda ingin menarik audien muda atau anak remaja. Warna-warna cerah dan illustrasi garis-garis bagus untuk memberikan kesan gembira ceria dan berenergi.

4. Bentuk fisik kemasan

kemazan.com portofolio

Bentuk fisik kemasan juga penting untuk diekplorasi. Anda dapat menggunakan bentuk kardus, plastik, standing pouch, toples dan bentuk kaleng. Tentukan area kemasan yang dapat diimplemtasikan desain anda.

Untuk kemasan fisik dengan bahan yang lebih mewah dapat anda tujukan ke audien berpenghasilan tinggi karena dapat menaikan harja jual produk anda.

Printing dan Produksi Kemasan

Setelah desain kemasan selesai, saatnya beralih ke sisi produksi dari desain kemasan anda.

1. Hal-hal Umum

Cara terbaik untuk melindungi makanan agar tidak rusak dan kadaluarsa adalah dengan memperhatikan kemasan primer, sekunder dan tersier (kemasan luar, kemasan dalam dan kemasan produk). Tergantung jenis produknya, paling tidak anda membutuhkan salah satu atau ketiganya.

Kemasan luar adalah hal yang pertama akan dilihat konsumen sehingga penting untuk menggunakan kemasan ini untuk manyampaikan dan memasarkan brand anda. Kemasan bagian dalam membuat produk anda aman dari benturan dan kerusakan.

2. Material Eco friendly

Perubahan iklim dunia mendorong banyak audien dan peraturan untuk menggunakan metode yang lebih ramah lingkungan. Ada banyak inovasi untuk kemasan yang berkelanjutan, seperti kemasan plastik dari bahan daur ulang, Kemasan ramah lingkungan, dll.

Sumber: Plepah.com

Anda juga dapat menggunakan metode ini sebagai bagian dari identitas brand anda untuk mendukung gagasan brand yang ramah lingkugan. Hal ini akan menambah brand personality yang unik dan menciptakan pembeda dari brand lain yang sejenis.

3. Percetakan dan Manufaktur

Setelah anda memutuskan untuk memproduksi kemasan dalam skala besar atau kecil, anda harus bekerjasama dengan produsen untuk menentukan jenis format file, bahan dan lama waktu pengerjaan. File digital kemungkinan harus dalam dieline dan kode warna CMYK. Tetapi setiap produsen biasanya memiliki spesifikasi sendiri.

Pasarpackaging.com misalnya, produsen di Jakarta yang memproduksi kemasan dan percetakan yang aman untuk makanan, menawarkan berbagai jenis dan bentuk kemasan.

4. Legal dan Informasi Penting

keterangan kemasan

Mendesain kemasan makanan akan ada legalitas yang perlu diperhatikan. Seperti BPOM yang mengatur regulasi pangan dan obat, Sertifikat halal, dll.
Anda juga harus memastikan memasukan nama makanan, daftar bahan, informasi alergen, jumlah bersih kondisi penyimpanan, taggal penjulan, dan kadaluarsa.

Baca Juga: Keterangan Wajib Pada Label Pangan Olahan

Kemasan makanan perlu melindugi, menarik dan bisa mengartarkan ke konsumen itu sendiri. Pastikan anda membuat desain kemasan yang unik yang akan langsung menarik hati konsumen anda.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

10 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago