Kemasan

Lagi Cari Ide Kemasan Makanan Pedas? Simak Ini!

Idealnya sebuah kemasan makanan pedas harus bisa mencerminkan isi produk yang menjual. Sehingga calon pembeli merasa tertarik untuk mencoba makanan tersebut. Apalagi cita rasa yang mendominasi makanan memang terasa lada. Sebagai rasa makanan yang paling banyak digemari oleh lidah orang Indonesia.

Kemasan sendiri termasuk ke dalam unsur penting yang perlu dipertimbangkan secara matang oleh pelaku usaha. Berdasarkan fungsi dan tujuan dari kemasan yang dapat menunjang kegiatan promosi produk. Dalam memberi dampak branding yang bernilai terhadap produk dengan jangka waktu lebih lama.

Ide Kemasan Makanan Pedas

Ide kemasan makanan pedas ini harus memuat unsur-unsur yang membuat label produk terlihat bernilai. Baik dari tulisan, bentuk, desain, atau pemilihan bahan kemasan. Sebagaimana ide dari pembahasan berikut yang dapat Anda pahami!

1. Multifungsi dan Bersifat 3R (Reuse-Reduce-Recycle)

kemasan Nine Nine Kitchen by kemazan.com

Ide kemasan pertama yang harus Anda pahami yaitu dengan mempertimbangkan fungsional dan keestetikaan. Berdasarkan satu kesatuan konsep yang bersifat multifungsi dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Namun, perlu Anda usahakan agar membuat kemasan yang memiliki unsur saling menguatkan antar fungsi dan keindahan.

Contohnya : Kemasan produk yang memiliki bagian penutup dapat dilipat ke arah luar sehingga bisa dipakai untuk menuang saus lada. Selain kemasan saus makanan yang memiliki bagian tutup bisa digunakan sebagai sendok.

2. Memiliki Kearifan Lokal

Kemasan yang dibuat secara personalisasi atau khusus langsung handmade biasanya lebih menarik di mata konsumen. Pasalnya kemasan akan terasa menyentuh dan dekat dengan pelanggan. Contohnya : kemasan makanan lada menggunakan daun pisang dengan mix bahan kontemporer.

Di sisi lain, kemasan handmade bagi produk personal akan tampil lebih stand-out dan tampak berbeda dari yang lain. Sehingga membuat produk Anda terlihat lebih profesional dan kreatif yang mampu memudahkan dalam pemasaran ke pasar lebih luas.

Baca Juga: 8 Hal Penting Sebelum Mendesain Label Kemasan

3. Ide Desain Kemasan Unik Sekaligus Praktis

kemasan O chicken by kemazan.com

Sekarang semua orang mencari hal yang mudah dan lebih praktis, termasuk dalam kemasan produk. Jadi, Anda jangan heran jika orang-orang suka dengan produk yang mudah dibawa atau digunakan di mana saja. Dimana hal itu tentu jelas tergambar dari sebuah konsumen dengan desain yang memungkinkan untuk disimpan kembali setelah dibuka.

Contohnya : Desain kemasan produk berupa plastik ziplock untuk membungkus produk makanan lebih awet dan praktis disimpan, cocok digunakan bagi Baso Aci kering. Selain itu, inspirasi desain kemasan yang memungkinkan untuk dimakan di mana saja.

Jika bingung dalam pembuatn desain kemasan yang cocok, Kemazan.com siap membantu Anda. Selain itu, pengerjaanya pun dilakukan oleh tim yang sudah ahli dalam bidangnya. Sehingga tidak perlu khawatir.

4. Material Berkualitas yang Anti Mainstream

Poin keempat yang harus Anda pahami sebagai ide ketika membuat kemasan makanan adalah mengenai material mainstream. Artinya, material harus berkualitas dan kalau bisa menggunakan bahan daur ulang yang Out of the box sekaligus ramah lingkungan. Dimana konsep desain kemasan ini pasti akan menarik perhatian pelanggan, sebab menunjukkan kepedulian terhadap program keberlanjutan.

Contohnya : bahan utama menggunakan kantong plastik, kertas, dan bahan organik daur ulang lainnya. Seperti kertas murbei atau kertas berbahan rumput liar hingga bahan rami yang berfungsi untuk membuat kemasan lebih mudah terurai.

5. Model Kemasan Unik

kemasan Pesta Baso Aci by kemazan.com

Ide kemasan yang harus menjadi perhatian Anda berikutnya adalah bentuk atau model. Model ini berbeda dengan desain, jadi Anda perlu menyesuaikan kemasan berdasarkan isi produk. Apabila desain menampilkan gambar sebuah ciri khas produk, maka model kemasan harus memuat bentuk yang dapat memudahkan konsumen membawanya.

Contohnya : Kemasan cup untuk bakso aci kuah dengan desain warna merah beserta gambar cabai dan bule-bulet aci.

Ide kemasan makanan pedas ini dapat Anda coba pahami langsung dengan melihat contoh di pasaran. Seperti kemasan ayam geprek yang dikemas menggunakan kotak box. Meliputi prinsip kemasan unik, material anti mainstream, desain menarik, kearifan lokal yang bersifat 3R. 

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

14 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago