Kemasan

Contoh Desain Kemasan Produk Jajanan dan Makanan UMKM

Bidang kuliner, produk jajanan dan makanan ringan merupakan ide bisnis yang banyak peminatnya dan juga memilki peluang penghasilan profit besar, sehingga para UMKM banyak memilih bidang ini ketika hendak membuka usaha. Sehingga penting sekali bagi para pelaku bisnis UMKM untuk menggunakan strategi tepat karena banyak sekali pesaing di dalamnya, salah satunya dengan menggunakan desain kemasan yang menarik.

Pada Artikel kali ini kami akan memberikan beberapa referensi desain kemasan produk jajanan yang saat ini sedang berkembang dikalangan masyarakat Indonesia.

Olahan Kulit Jeruk

By kemazan.com portofolio

Kulit jeruk yang biasanya dibuang ternyata memiliki manfaat lain. Bisa dibuat makanan seperti manisan dan bisa juga diolah menjadi kulit jeruk kering untuk kebutuhan kesehatan dan pengharum. Branding untuk produk ini juga perlu disiapkan dengan visual kemasan warna cerah dan fresh.

Cipak Koceak

By kemazan.com portofolio

Cipak koceak adalah jajanan khas Garut, Jawa Barat yang berbahan dasar tepung tapioka atau aci. Cipak koceak berasal dari bahasa Sunda. Cipak singkatan dari cimol dempak, dan koceak artinya berteriak.

Umumnya produk ini disajikan dengan cita rasa yang pedas. Untuk itu visual brand bisa dibuat dengan warna merah atau warna orange.

Kimchi

By kemazan.com portofolio

Kimchi adalah makanan tradisional Korea berupa asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak.

Agar produk tetap terjaga kualitasnya, produk ini bisa dikemas dengan jenis material standing pouch dan jenis kemasan toples.

Baca Juga: 8 Hal Penting Sebelum Mendesain Label Kemasan

Tteokbokki

By kemazan.com portofolio

Tteokbokki adalah hidangan Korea berupa tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tepung beras yang dipakai berbentuk bulat batang yang memanjang. Makanan ini juga termasuk dalam makanan internasional.

Olahan Frozen food

By kemazan.com portofolio from Koyama

Frozen food adalah jenis makanan yang diproses melalui cara pembekuan. Tujuannya adalah untuk mengawetkan makanan sampai nantinya siap untuk dimasak atau dihidangkan secara langsung. Saat ini produk frozen food sangat beragam mulai dari sosis, nugget, bakso, tempura, fish stick, pempek, risol, siomay dan juga corndog yang akhir-akhir ini populer.

Corn dog adalah makanan yang terbuat dari sosis ditusuk yang dilapisi lapisan tebal adonan encer tepung jagung kasar dan digoreng rendam. Hidangan ini berasal dari Amerika Serikat dan umum ditemukan dalam masakan Amerika. Jajanan ini juga diadopsi di Korea Selatan namun dengan ciri khas tersendiri.

Itulah beberapa referensi branding kemasan produk yang saat ini sedang berkembang, dan mungkin masih banyak lagi produk-produk UMKM lain yang populer saat ini. Jika anda memerlukan layanan branding kemasan untuk bisnis umkm anda, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Kemazan

Recent Posts

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 week ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

4 weeks ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

4 weeks ago

Rekomendasi Palet Warna Untuk Produk Kosmetik

Dalam dunia kosmetik yang kompetitif, desain kemasan merupakan alat pemasaran yang kuat. Kemasan yang menarik…

2 months ago

Apakah Logo Generated AI Bisa Didaftarkan Sebagai Merek Dagang?

Dalam era digital, penggunaan kecerdasan buatan (AI) untuk menciptakan karya, termasuk logo, semakin populer. Pertanyaan…

3 months ago

Aplikasi AI Generatif Terbaru Keren di 2024

Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dalam teknologi kecerdasan buatan (AI), terutama di bidang AI…

3 months ago