Branding

Branding Untuk Sekolah: Makna, Manfaat, dan Tips Bermanfaat

Branding untuk sekolah seperti mambangun reputasi personal branding. Hal ini memungkinkan orang untuk mengetahui tentang sekolah Anda dan mengaitkannya dengan apa yang ditawarkan. Sayangnya masih banyak sekolah yang belum memahami manfaat dari branding.

Sebelum lebih jauh, kita pahami dulu apa itu branding
Jika brand sekolah Anda adalah kata benda maka branding adalah kata kerja. Saat Anda mendesain visual logo sekolah, itu salah satu branding. Ketika Anda menggunakan beberapa strategi untuk menarik perhatian orang tua di dalam atau di sekitar kota, itu juga disebut branding. Saat membuat kampanye iklan, itu disebut branding.

Menurut Wirania Swasty dalam buku Branding, Branding merupakan suatu proses yang memfokuskan dan memproyeksikan nilai-nilai brand. Proses ini meliputi membuat perbedaan antar produk/jasa bagi pelanggan dalam proses pengambilan keputusan pembelian serta memberi nilai-nilai pada perusahaan.

Dengan kata lain, branding adalah sekumpulan proses mulai dari pembuatan dasar visi, nilai, layanan, keunggulan, visual hingga ke pemasaran yang dilakukan secara konsisten hingga terbentuk brand. Inilah yang dibutuhkan sekolah Anda untuk mengatasi kekacauan dan menarik perhatian calon pelanggan Anda.

Baca Juga: Personal Branding, Corporate Branding, Product Branding. Apa Bedanya?

Branding dapat membantu sekolah Anda mengubah pelamar potensial menjadi siswa dan mengubah kerumunan yang ingin tahu menjadi pelanggan.

5 Manfaat branding untuk sekolah

1. Menonjol di pasar

Jika sebuah sekolah ingin menonjol dari keramaian, maka harus memberi orang alasan untuk tidak melupakannya. Branding akan membantu mengembangkan ciri khas dan keunikan yang membuat menonjol dan berbeda di pasaran.

Branding akan membantu Anda memastikan bahwa kesan pertama Anda adalah kesan terbaik.

2. Kredibilitas

Tahukah anda bahwa orang sering memilih menanggapi pesan persuasif bukan berdasarkan isinya tetapi pada pendekatan komunikatif. Memiliki brand sekolah yang mapan dan jelas akan membuat seperti profesional. Jika Anda tahu apa yang Anda bicarakan dan tampil sebagai sekolah yang profesional, maka orang tua akan lebih percaya untuk mendaftarkan anaknya di sekolah Anda.

3. Kesetiaan pelanggan

Siswa dan orang tua tertarik pada sekolah yang memiliki nilai atau level yang sama dengan mereka. Branding yang baik tidak hanya akan mengangkat bisnis tetapi juga membangun pengakuan dan loyalitas. Hal ini akan menunjukan apa yang dihargai sekolah Anda, sehingga pelanggan dapat membangun hubungan emosional dengan Anda.

4. Pengakuan oleh pelanggan

“Ya, Aku tau tentang sekolah itu. Menurutku sekolah itu rekomended”. Kedengaran mengagumkan? Sekolah dengan brand recognition yang tinggi sangat dipercaya oleh masyarakat. Dengan branding sekolah, Anda dapat memberikan kepercayaan sambil memberi tahu orang-orang bahwa sekolah Anda menyediakan lingkungan yang 100% aman bagi anak-anak.

5. Hemat uang dan waktu

Masa pandemi telah menjadi peringatan bagi kita mengenai cara menghemat dan mengelola keuangan. Dengan branding yang tepat, biaya pemasaran akan lebih rendah. Hal ini akan membuat Anda bisa lebih fokus menyampaikan pesan brand untuk pelanggan yang memiliki peluang tinggi.

Tips Branding Sekolah

Setelah memahami apa itu branding dan manfaatnya bagi sekolah, mari kita bahas tips branding sekolah berikut:

1. Identifikasi tujuan

Membuat dan memilih tema logo adalah proses yang keren, tetapi apakah Anda tahu tujuan brand Anda? Setiap brand sekolah yang sukses di dunia memiliki tujuan dan visi yang kuat dibaliknya. Pertama identifikasi tujuan brand Anda:

  • Mengapa sekolah Anda ada?
  • Apa yang membedakan sekolah Anda dengan sekolah yang lain?
  • Masalah yang ingin diselesaikan
  • Mengapa siswa dan orang tua harus peduli

2. Buat konsep yang unik

Membuat brand yang beda terkadang terasa berat, tetapi sebenarnya tidak. Justru itulah yang membuat Anda unik dan hebat dimata orang. Siswa dan orang tua lebih percaya brand sekolah Anda jika unik dan memiliki nilai lebih.

Pelajari audien, proposisi nilai dan kompetitor. Setelah itu rancang visual logo yang unik dan visual identity untuk brand sekolah Anda.

3. Uji coba slogan

Sudah membuat slogan untuk brand sekolah?. Sekarang saatnya memanggil tim marketing dan menambahkanya di semua kampanye pemasaran.

Perlu diingat, apa yang terdengar bagus oleh Anda mungkin bisa jadi kurang bagus didengar oleh audien Anda. Pastikan untuk meminta teman atau kerabat untuk memeriksa apakah slogan sekolah Anda mengesankan atau tidak.

4. Konsisten

Setelah Anda mendapat ide dan visual yang sempuran untuk brand sekolah, konsistenlah dengannya. Jika konten website Anda jelas dan ringkas, pastikan sosial medianya juga memiliki citra yang sama. Jangan mengirim konten dan teks yang tidak profesional dan campuran kepada siswa dan orang tua.

Proses branding akan memakan banyak waktu. Jangan menyerah ketika tidak dapat langsung melihat hasilnya. Tetap konsisten dan sabar.

Butuh visual desin untuk branding sekolah?. Jangan ragu untuk diskusi dengan Mocero.id team.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

14 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago