Insight

Banyak Bermunculan AI Generated Images. Pro dan Kontra

Dihadapkan dengan banyaknya art yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan atau AI, beberapa komunitas online art telah mengambil langkah untuk melarang atau mengekang kehadiranya di situs mereka, seperti Newgrounds, Inkblot Art dan Fur Affinity. Dikutip dari waxy.org

Sejauh ini komunitas art seperti DeviantArt dan ArtStation belum membuat kebijakan terkait AI, tetapi beberapa artist di media sosial mengeluhkan banyaknya karya dari hasil AI yang sering mereka lihat di platform tersebut.

Kedatangan tools image synthesis yang tersedia secara luas seperti Midjurney dan Stable Diffusion telah memicu perdebatan online antara artist yang menilai karya dengan bantuan AI adalah sebagai bentuk pencurian.

Tools image synthesis menggunakan teknik difusi untuk membuat sebuah karya dengan menganalisis jutaan gambar tanpa persetujuan artist atau pemegang hak cipta.
Gambar-gambar tersebut bersumber dari internet, salah satunya milik database LAION-5B, gambar disitus tersebut sering disertai dengan deskripsi dan biasanya digunakan untuk melatih model AI.

by TomerAgmon using AI Generated art

Masalah image synthesis AI ini mungkin tampak menantang, Tetapi AI hanyalah sebuah mesin. Artist harus memandu AI, memutuskan apa yang harus dilakukan dan dapat mengambil manfaat dari nilai artistik.

Seperti pengenalan kamera menghapus kebutuhan memiliki lukisan realistik. Jika menginginkan gambar realistik bisa menggunakan foto saja.
Fotografi akhirnya memiliki dampak yang luas, sama seperti AI ketika baru muncul. Tetapi tidak hanya berakhir untuk art atau karya, kemungkinan akan membuka peluang baru. Sekarang dunia memiliki fotografer, pembuat film dan orang-orang kreatif lainya senang dengan teknologi ini.

Baca Juga: 10 Website Stok Foto Gratis Terbaik

Tools AI menyediakan cara baru untuk mengeksplorasi ide. Ada kemungkinan bahwa tools visual baru akan muncul menjadi sumber ide dan inspirasi yang sangat kaya dengan cara yang belum ditemukan.

Seniman digital Peter Moxom menggunakan tools ini dan akan menjadi seniman tetap di konferensi Disrupt.Sydney. Dia akan membantu Adam Ferrier dalam acara workshop pemikiran desain visual dengan DALL-E.

Mereka mengizinkan siapapun dengan atau tanpa ketrampilan menggambar atau melukis untuk membanyangkan dunia baru, menghubungkan ide-ide yang berbeda dan menghasilkan karya yang menarik.

Sumber:
arstechnica.com
waxy.org
smh.com.au
Image tumb from Lexica

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

20 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago