Branding

Bagaimana Caranya Branding Produk ? Simak Ini!

Branding produk menjadi salah satu cara untuk promosi dan mengenalkannya kepada target market. Sehingga mereka akan merasa bahwa produk tersebut merupakan sebuah jawaban atas permasalahan yang selama ini dihadapi.

Namun, dalam melakukan hal ini tidak cukup hanya sekali. Butuh beberapa, bahkan tetap akan dilakukan selama barang maupun jasa tersebut masih berjalan ataupun di produksi oleh perusahaan.

Cara Melakukan Branding Produk

Setelah melakukan riset untuk menetapkan target market dan membuat nama dari produk tersebut, saatnya Anda untuk melakukan branding ke publik.

Sehingga produk yang perusahaan atau lembaga tawarkan dapat familiar di ingatan masyarakat. Sehingga mereka pada akhirnya, memutuskan untuk menggunakan produk tersebut.

1. Menonjolkan Ciri Khas

Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari sebuah produk adalah keunggulan ataupun ciri khas dari barang maupun jasa. Dimana hal tersebut biasanya tidak dimiliki oleh produk lainnya. Selain itu, diferensial inipun akan membuat target market lebih mudah mengenal dan mengingatnya. 

Ciri khas ini mencakup berbagai hal, baik itu warna, kualitas, bahan, desain kemasan, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda pun perlu menonjolkan hal tersebut dalam campaign nantinya. Dengan begitu, cakupan orang-orang yang mengetahui produk akan jauh lebih luas.

2. Tentukan Slogan Brand

Slogan merupakan sebuah kalimat singkat dan mengandung makna yang padat. Selain itu, kalimat ini pun perlu mendeskripsikan produk dengan tujuan supaya target market mengetahui manfaat atau kegunaan dari barang atau produk yang Anda jual. Dalam membuat slogan, buatlah kalimat simple dan sesederhana mungkin.

Dengan begitu, target market mudah untuk mengingat maupun memahami maksud dari kalimat tersebut. Jika Anda bingung, maka dapat menelusuri kembali tujuan dan latar belakang dari lahirnya produk tersebut. Selain itu, sesuaikan pula slogan yang Anda buat dengan gaya bahasa yang cocok dengan target market.

3. Tentukan Tampilan Visual Brand

Langkah selanjutnya untuk membuat branding, yaitu menentukan tampilan visual yang seperti apa yang ingin Anda tampilkan. Sehingga dapat terlihat oleh para target pasar yang Anda tuju.

Penerapan tampilan visual ini dapat Anda terapkan pada logo, desain promosi di berbagai platform, bahkan sampai dengan kemasan produk.  Dimana hal tersebut menyangkut jenis font, illustrasi yang akan digunakan, maupun warna.

Usahakan untuk memilih berbagai komponen itu dengan menyesuaikannya dengan target market. Namun, siapapun dan bagaimanapun visual yang ingin Anda tampilan, hindarilah menggunakan font yang sulit konsumen baca. Pasalnya, hal ini akan membuat konsumen kesulitan menangkap isi pesan bahkan mengabaikannya.

Baca Juga: Rekomendasi Font Google Untuk Brand Makanan dan Minuman

4. Menempelkan Logo Pada Campaign

Membuat sebuah logo bukanlah tanpa alasan, tetapi untuk membuat orang-orang mudah mengenali produk yang dibuat oleh brand. Logo pun dapat memberikan kekuatan sendiri untuk menarik perhatian bahkan kepercayaan dari konsumen.

Sebagai contoh, orang-orang tidak ragu untuk membeli barang-barang dengan visual logo dari brand Adidas. Hal ini karena mereka mengetahui, apapun yang dijual menggunakan logo tersebut maka kualitasnya terjamin.

Tidak hanya itu saja, logo pun memuat informasi mengenai karakteristik dari brand dan menggambarkan dengan jelas bagaimana produk yang akan dibuat kedepannya. Sehingga sangat penting untuk mencantumkan logo pada setiap promosi, kemasan, maupun produk itu sendiri.

Untuk membuat logo, Anda dapat mempercayakannya kepada Kemazan untuk menghasilkan desain yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Membuat Strategi Dalam Promosi

Tentu proses branding tidak akan lengkap tanpa membuat strategi marketing. Pasalnya, hal ini yang akan membuat citra dari sebuah produk memberikan kesan yang kuat. 

Anda dapat menggunakan berbagai media untuk proses hal ini. baik itu sosial media, website, pamflet, maupun yang lainnya.  Namun, sebelum itu Anda perlu membuat plan konten maupun budgeting.

Sehingga Anda tidak akan bingung akan membuat apa nantinya. Namun, jika nantinya iklan atau promosi yang digunakan secara gratis di sosial media maupun website kurang maksimal. Maka Anda dapat menggunakan yang berbayar. Sehingga dapat menjangkau target market yang sesuai dan lebih banyak lagi.

Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan event-event tertentu untuk mengenalkan produk yang dijual kepada target market. Misalnya, Anda menjual makanan pedas, maka dapat mengikuti event kuliner di kota-kota terdekat. Dengan begitu, orang-orang akan sedikit banyaknya mengenal produk yang dijual dan mencobanya secara langsung.

Cara branding produk dapat Anda lakukan dengan menonjolkan ciri khas, membuat slogan, menentukan visual, menyisipkan logo, dan mengatur strategi dalam promosi.  Dalam hal ini, Anda pun perlu melakukannya secara berkala sehingga lama-kelamaan orang akan mengingat mengenai tujuan maupun manfaat apa yang akan konsumen dapatkan dari produk tersebut.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

14 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago