Branding

Apa Itu Psikologi Warna? Bagaimana Menggunakan Warna Pada Desain Kemasan

Apakah Anda merasa bahwa warna tertentu membuat Anda merasakan sesuatu? Biru bisa membuat Anda tenang, atau warna kuning bisa membawa perasaan bahagia. Ini adalah psikologi warna. Desainer dan team pemasaran telah meneliti bagaimana warna dapat secara langsung mempengaruhi emosi, suasana hati, dan kebiasaan belanja. Warna juga memainkan peran penting dalam pengalaman berbelanja.

Apa itu psikologi warna?

Psikologi warna adalah studi dan penerapan penggunaan palet warna untuk mempengaruhi keputusan, seringkali digunakan untuk tujuan komersial seperti meningkatkan konversi toko.

Warna yang digunakan pada desain kemasan dapat berdampak signifikan pada suasana hati konsumen. Menggunakan perpaduan warna yang tepat dapat membuat konsumen untuk mudah mengenang brand kita dan meningkatkan pembelian berulang.

Mengapa warna penting

Perasaan manusia cepat berlalu. Suasana hati kita dapat berubah tergantung pada waktu. Warna sangat lazim dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat mempengaruhi suasana hati dan sikap kita terhadap produk tertentu.

Kekuatan warna menjadikannya elemen yang penting dalam desain kemasan, dan tidak hanya karna warna dapat menentukan perasaan konsumen ketika melihat produk anda. Menurut penelitian orang mengambil keputusan dalam waktu 90 detik setelah berinteraksi dengan suatu produk, dan 62% hingga 90% didasarkan pada warna saja.

Baca Juga: Trademark Warna: Penjelasan, Manfaat dan Contohnya

Efek psikologi warna

Warna mempengaruhi suasana hati dalam pengambilan keputusan karena membangkitkan emosi. Misal ketika melihat warna merah perhatian kita akan langsung tertuju dan kita merasakan urgensi, itulah sebabnya tanda SALE di toko hampir selalu berwarna merah.

Sebuah studi menemukan bahwa orang biasanya mengasosiasikan warna tertentu dengan emosi yang berbeda:

Psikologi warna orange

by kemazan portofolio

Orange membangkitkan optimisme, kegembiraan, dan kepercayaan diri. Jika ingin memancarkan rasa kehangatan dan kebahagiaan orange adalah warna yang sempurna untuk dimasukan dalam palet warna brand Anda.

Psikologi warna coklat

by kemazan portofolio

Warna coklat dapat digunakan untuk menandakan alam dan memberikan nuansa menenangkan pada desain. Nuansa coklat netral yang berbeda dapat menciptakan tampilan alami untuk brand Anda.

Psikologi warna hijau

by kemazan portofolio

Hijau identik dengan alam dan pertumbuhan. Hal ini sering digunakan untuk menciptakan rasa damai dan harmoni, tetapi versi warna yang lebih gelap juga bisa menandakan kekayaan dan prestise. Hijau adalah pilihan tepat untuk brand yang ingin menggambarkan pandangan penyembuhan dan sehat atau mempromosikan produk ramah lingkungan.

Psikologi warna kuning

by kemazan portofolio

Kuning mewakili kesenangan, kecerdasan, kreativitas, dan ide-ide segar. Sama halnya dengan jingga, kuning membangkitkan kebahagiaan, harapan, dan keceriaan.

Psikologi warna pink

by kemazan portofolio

Pink dapat memiliki daya tarik universal karena memancarkan kebaikan hati, romantis dan cinta. Ii juga memiliki efek menenangkan, sehingga bisa digunakan untuk mengimbangi warna yang lebih agresif seperti hitam, jingga dan merah.

Psikologi warna merah

by kemazan portofolio

Warna merah memiliki banyak arti dan efek psikologis yang berbeda-beda, tergantung pada konteks dan budaya. Warna merah sering digunakan untuk produk yang berkaitan dengan energi, kekuatan, gairah, atau makanan. Produk-produk yang menggunakan warna merah antara lain adalah minuman energi, mobil sport, parfum, lipstik, dan kemasan makanan cepat saji. Warna merah dapat menarik perhatian konsumen dan memberikan kesan bahwa produk tersebut berkualitas tinggi, berani, dan berbeda dari yang lain.

Psikologi warna biru

by kemazan portofolio

Warna biru memiliki makna yang positif dan menarik bagi banyak konsumen, seperti kepercayaan, keamanan, ketenangan, dan profesionalitas. Warna ini dapat menciptakan identitas brand yang kuat dan membedakan produk dari kompetitor. Selain itu juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan memberikan kesan bahwa produk tersebut berkualitas tinggi dan terpercaya.

Bagaimana menggunakan psikologi warna untuk mempengaruhi pembeliaan pada kemasan?

Warna jika digunakan dengan benar bisa menjadi elemen yang ampuh dalam keputusan pembelian.

1. Brand Awareness

Sebuah studi oleh Universitas Loyola menemukan bahwa warna meningkatkan pengenalan brand hingga 80%. Ini akan membantu brand anda menonjol dibanding pesaing.

2. Mudah diingat

Warna membantu konsumen memproses dan menyimpan gambar dengan lebih efisien, yang berarti mereka dapat mengingatnya dengan lebih baik.

3. Performa iklan

Iklan berwarna dibaca hingga 42% lebih sering daripada iklan hitam putih.

Baca Juga: Logo Descriptive: Penjelasan, Perbedaan dan Manfaat Untuk Bisnis

4. Menarik perhatian

Warna pada kemasan adalah cara bagus untuk menekankan informasi penting tentang produk Anda. Gunakan bersama poin-poin dan ruang putih untuk memandu pembeli dalam memahami konten Anda.

5. Memiliki kesan yang baik

Konsumen membuat penilaian tentang produk dalam waktu 90 detik sejak pertama kali melihatnya. 90% penilaian tersebut didasarkan pada warna saja.

6. Membantu pelanggan memilih produk

84.7 % responden dalam penelitian menyatakan bahwa warna menyumbang lebih dari 50% faktor penting dalam memilih produk.

Bagaimana menemukan warna yang tepat untuk brand?

Tidak ada cara sistematis untuk memilih warna yang tepat untuk brand. Anda harus mempertimbangkan warna berdasarkan target konsumen dan persepsi publik tentang brand Anda.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

14 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago