Branding

Apa Itu Personal Branding dan Apa Manfaatnya

Anda pasti tau apa itu brand perusahaan/bisnis, tetapi anda mungkin tidak terlalu memikirkan untuk memiliki personal branding. Gagasan personal branding tidak biasa bagi kebanyakan orang. Namun di era online ini dimana hal-hal baik dan buruk sangat mudah ditemukan dan melekat di internet, personal branding dapat dianggap lebih penting dari sebelumnya.

Personal branding adalah bagaimana cara anda mempromosikan diri anda. Bisa mencakup kombinasi unik dari ketrampilan, pengalaman dan kepribadian yang anda inginkan agar dunia melihat anda.
Ini seperti menceritakan kisah anda, perilaku, kata-kata yang diucapkan dan sikap anda. Di jaman yang serba online sama pentingnya untuk memperhatikan bagaimana anda tampil dalam dunia online atau di sosial media.

Untuk memulai anda bisa mengganti foto diri anda dengan yang terlihat profesional dan memelihara akun sosmed anda hingga membuat website dengan menempatkan informasi penting tentang anda. Sama seperti branding produk atau layanan, personal branding lebih ke tentang mengontrol bagaimana orang lain memandang anda. Lebih dari sekedar memasarkan atau mempromosikan diri anda, namun lebih mengedepankan yang terbaik tentang anda dengan cara yang autentik.

Manfaat untuk anda antara lain:

1. Menjadi lebih terhubung

Istilahnya lebih bersosial dengan mengungkapkan tentang diri anda. Anda akan lebih terhubung dan berinteraksi dengan banyak orang. Hal ini juga akan membantu mengembangkan kepercayaan orang lain.

2. Membangun Identitas

Personal branding akan memastikan bahwa orang-orang tahu untuk apa mereka datang kepada anda. Dan mereka dapat mengandalkan anda untuk hal-hal tertentu yang berkaitan dengan bidang anda.

3. Dapat lebih banyak peluang

Anda akan mendapatkan lebih banyak tawaran interview, pekerjaan, promosi, kontak, client, pengisi acara dan masih banyak lagi.

Bangun personal branding anda dengan baik, hal ini dapat bermanfaat untuk mengikat diri anda dengan bisnis anda dengan cara yang tidak mungkin berhasil dilakukan oleh brand perusahaan.

4. Memiliki personal yang berbeda

Membangun personal branding memungkinkan anda untuk menunjukan karakteristik unik tentang anda yang membedakan anda dari orang lain di bidang spesialisasi anda.

5. Meningkatkan keahlian

Semakin banyak eksposur/reference yang anda dapatkan semakin banyak jaringan anda berkembang. Orang-orang yang berinteraksi dengan anda akan mulaik mengidentifikasi anda sebagai ahli di bidang anda. Orang-orang akan menghubungi anda untuk meminta pendapat dan keahlian anda.

6. Memberikan kesan abadi

Secara profesional, personal branding anda adalah citra yang dilihat orang tentang anda. Bisa berupa kombinasi dari bagaimana mereka memandang anda dalam kehidupan nyata, bagaimana media menggambarkan anda, dan kesan yang diperoleh orang dari informasi tentang anda yang tersedia secara ornline.
Kesan yang tak terlupakan akan melekat di benak orang. Ketika seseorang memberikan referensi atau rekomendasi, mereka akan memikirkan anda terlebih dahulu.

Kemazan

Recent Posts

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago

Rekomendasi Palet Warna Untuk Produk Kosmetik

Dalam dunia kosmetik yang kompetitif, desain kemasan merupakan alat pemasaran yang kuat. Kemasan yang menarik…

3 months ago