Tools

6 AI Generatif Tools Populer Cocok Untuk Pemula

Perkembangan AI generatif sedang berlangsung, para pioner dan developer terus mendalami cara kerjanya. Semakin banyak orang-orang bersemangat untuk memulai bereksperiment dengan Large Language Model (LLMs) sebuah kumpulan model bahasa untuk kecerdasan buatan AI.

Faktanya Anda tidak perlu menjadi seorang peniliti AI atau prompt enginer untuk mendapatkan manfaat dari chatbot AI generatif. Tools seperti ChatGPT, Bing, Bard, Japer, Copy.ai, Quillbot dan Dall-E 2 adalah tools dengan dukungan LLM yang mudah digunakan.

Inilah 6 tools AI Generatif populer yang perlu Anda ketahui.

1. ChatGPT

ChatGPT adalah chatbot AI paling terkenal di pasaran dan sangat mudah digunakan. Cukup masukan perintah tulisan, tekan enter dan AI akan menggunakan pemrosesan bahasa alamai untuk memindai perintah Anda dan menghasilkan respon tertulis.

Tools ini adalah asisten AI untuk keperluan umum, yang mana pengguna dapat mengajukan pertanyaan sebagai bagian dari percakapan bolak-balik atau menggunakan untuk membuat konten tertulis seperti artikel, email, daftar, puisi, lagu, kode, cerita, dll.

Saat bereksperimen dengan ChatGPT, penting untuk dicatat bahwa data pelatihannya hanya sampai tahun 2021, yang berarti ia tidak mengetahui tanggal atau peristiwa yang terjadi setelah itu.

Demikian pula, AI ini cenderung mengarang fakta, jadi penting untuk memeriksa fakta informasi apa pun yang diberikannya kepada Anda.

Baca Juga: Contoh Studi Kasus Chat GPT Untuk Desainer

2. Bard

Google Bard adalah chatbot percakapan dan asisten AI Google, yang dibangun di atas PaLM2 LLM. Antarmuka penggunanya sederhana dan mudah digunakan, cukup masukkan kueri melalui teks atau suara, dan Bard dapat merespons dengan teks, gambar, dan video berdasarkan konten yang diambil dari Google Penelusuran.

Integrasi chatbot dengan Adobe Firefly juga berarti dapat digunakan untuk membuat gambar yang dihasilkan AI.

3. Bing Chat

Bing Chat adalah chatbot mesin pencari Microsoft dengan dukungan GPT-4 LLM, yang tersedia melalui sidebar di browser web Edge. Dengan Bing Chat, Anda dapat memasukkan kueri penelusuran dengan teks atau gambar atau melakukan penelusuran suara, dan Bing akan merespons dengan respons tertulis atau gambar, bergantung pada perintah Anda.

Salah satu nilai jual utama Bing Chat adalah kemampuannya sebagai alat pencarian. Ini menggunakan data pelatihan yang terhubung ke Internet, yang berarti Anda dapat mengajukan pertanyaan tentang peristiwa dan berita terkini dengan cara yang sama seperti Anda bertanya pada mesin pencari.

Saat merespons, ini juga menyertakan daftar sumber dan tautan yang relevan sehingga Anda dapat melakukan penelitian lebih lanjut mengenai topik tertentu. Chatbot juga memiliki kemampuan untuk membuat gambar yang menghasilkan AI berdasarkan permintaan.

Baca Juga: 9+ Aplikasi AI Art Generator Terbaru Untuk Desain Grafis di 2023

4. Jasper

Jasper adalah asisten copywriting berbasis AI yang menggunakan model AI seperti GPT-3 untuk membantu pengguna membuat konten yang sadar tentang brand.

Chatbot ini dirancang untuk menghasilkan teks dengan style nada sebuah brand untuk membuat konten pemasaran seperti halaman web, email, iklan, daftar penjualan, dan blog.

Anda dapat membuat dokumen baru atau menggunakan templat yang saudah ada. Kemudian memasukkan perintah tertulis yang akan diolah oleh asisten AI dengan keluaran teks. Anda bisa menyusun hasilnya dengan memasukkan deskripsi atau ringkasan dan memberikan rincian nada Anda dan kata kunci yang Anda gunakan.

Perbedaan utama antara Jasper dan tools lainnya, seperti ChatGPT dan Bard, adalah tools ini berfokus pada produksi konten pemasaran daripada teks percakapan.

5. DALL-E 2

DALL-E 2 adalah tools AI yang dirilis oleh Open AI pada tahun 2021. Tools ini menggunakan GPT-3 dan deep learning untuk mengubah teks menjadi gambar. Cukup buat akun di situs web OpenAI, masukkan perintah ke dalam bilah pencarian, dan DALL-E 2 akan melanjutkan untuk menghasilkan gambar.

Jika desainnya kurang pas, Anda bisa memilih variasi lain. Setelah Anda menemukan desain yang tepat, Anda dapat membagikannya dan menyimpannya.

Kualitas gambar yang dihasilkan akan sangat bergantung pada detail perintah Anda, jadi ada baiknya mencoba memberikan detail sebanyak mungkin untuk diproses oleh DALL-E 2.

DALL-E 2 adalah alat penghasil gambar yang populer karena lebih mudah digunakan dibandingkan alat yang lebih kompleks seperti Midjourney.

Baca Juga: 8 Aplikasi AI Bermanfaat Untuk Desainer di 2023

6. Quillbot

Quillbot adalah asisten AI yang menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk memproses sepotong teks dan memparafrasekannya. Intinya, pengguna memasukkan teks ke dalam prompt yang terletak di situs web Quillbot AI. Kemudian chatbot akan memeriksa tata bahasa konten dan menyarankan cara untuk memperbaikinya.

Pengguna dapat memilih antara memparafrasekan teks, meringkas konten tertulis, memeriksa tata bahasa, dan membuat kutipan berdasarkan kebutuhan.

Quillbot adalah tools yang berguna bagi mereka yang ingin membuat dan mengoreksi konten pribadi dan komersial agar lebih mudah dibaca.

Jadi dengan bereksperimen dengan tools ini akan membantu menginspirasi Anda untuk menemukan cara baru menggunak AI. Pada akhirnya, hasil yang Anda peroleh bergantung pada detail promt yang Anda masukan.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

16 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago