Insight

9 Brand Asli Indonesia Yang Dikira dari Luar Negeri

Banyak merek dan produk asli Indonesia yang berhasil bersaing dengan produk luar negeri. Saking terkenalnya hingga banyak masyarakat indonesia mengira merek-merek ini adalah dari luar negeri.
Hasil dari persepsi ini tidak luput dari strategi yang disebut foreign branding. Apa itu foreign branding?

Foreign branding adalah strategi memberi nama sebuah merek dengan pengejaan atau pengucapan dalam bahasa asing tertentu. Tujuannya adalah mempengaruhi citra merek, persepsi kualitas dan sikap konsumen terhadap produk. Sebagian masyarakat menilai jika produk buatan luar negeri memiliki kualitas yang lebih baik dibanding buatan lokal. Strategi ini dinilai cara efektif sebagai promosi untuk meningkatkan penjualan.
Banyak merek-merek asal Indonesia yang menggunakan strategi foreign branding sampai terkenal di pasar internasional. Berikut daftarnya.

1. Silver Queen

Silver Queen adalah salah satu merek cokelat terkenal di Indonesia. Didirikan sejak tahun 1950, perusahaan ini beroperasi dibawah naungan PT Petra Food.

Silver Queen memiliki slogan “Ada Silver Queen Ada Santai”, ditujukan kepada konsumen mayoritas penggemar cokelat yaitu remaja.
Produk ini telah diekspor ke 17 negara, mulai dari Jepang, Tiongkok, hingga Australia

2. Lafonte

Produk pasta La Fonte didirikan oleh PT Bogasari asal Indonesia yang memiliki penamaan merek khas Italia. Jenis pastanya beragam mulai dari makaroni, spageti, cocciolini dan lainya.

La Fonte sangat populer di banyak negara asia seperti Korea, Hongkong, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

3. Equil

Equil adalah air mineral yang di produksi oleh PT Equilindo Asri, lokasi industrinya di Vila D’Equilibrium, pabrik pengemasan Equil terletak di kaki Gunung Salak, Sukabumi, Jawa Barat.

Equil termasuk kedalam 13 air mineral termahal di dunia sekelas dengan Bling H2O, SOMA, Veen yang memiliki harga ratusan ribu per botolnya. Merek air mineral murni ini sudah cukup dikenal kalangan menengah atas dan ekspatriat. Equil kerap hadir di meja restoran fine dining, hotel bintang lima, hingga meja Istana Negara saat rapat kabinet.

4. GT Radial

GT Radial merupakan merek ban kendaraan bermotor dari PT Gajah Tunggal. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1951.
GT Radian memiliki standar produksi dan kualitas yang sangat baik hingga produk ini bisa menembus pasar internasional. Dan telah diekspor ke lebih 80 negara lain yang ada di Asia, Eropa, Amerika,Timur Tengah, Australia, dan Selandia Baru.

5. Polygon

Polygon merupakan merek sepeda asli Indonesia dari PT Insera Sena. Polygon sangat digemari masyarakat, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Merek lokal ini diproduksi di Sidoarjo, Jawa Timur yang memproduksi berbagai macam jenis sepeda, seperti road bike, sepeda gunung, sepeda mini untuk anak-anak hingga sepeda lipat dan sebagainya.

6. J.CO Donuts & Coffe

J.CO Donuts adalah restoran dan waralaba yang menjual produk donat, kopi dan yogurt beku. Perusahaan ini didirikan dan dimiliki oleh Johnny Andrean Group. J.CO Donuts & Coffee didirikan pada tahun 2005.
J.CO juga memiliki cabang hingga luar negeri mulai Malaysia, Singapura, Filipina hingga Tiongkok.

7. Excelso

Excelso yang merupakan kafe dengan nuansa modern bergaya western yang sering dikira kafe asal luar negeri.
Excelso masih berada dalam satu perusahaan dengan merk kopi lokal Kapal Api, Kapal Api Group.

Awalnya Excelso hanya memiliki satu gerai di salah satu mall di Jakarta pada tahun 1991. Kini Excelso telah berkembang menjadi salah satu kafe yang memiliki reputasi di Indonesia, hingga kini telah memiliki jaringan lebih dari 100 outlet dan hadir di lebih dari 30 kota besar di Indonesia.

8. Hokben

Hokben yang sebelumnya bernama Hoka Hoka Bento adalah restoran cepat saji yang menyajikan menu makanan bergaya Jepang.
Hokben sudah ada sejak tahun 1985, didirikan oleh Hendra Arifin dan dikelola oleh PT. Eka Bogainti. HokBen memiliki 170 gerai (per akhir Januari 2020) yang tersebar di pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Nama Hoka Hoka Bento sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti “makanan hangat dalam kotak”.

9. Casablanca

Casablanca adalah merek parfum, deodoran, dan produk perawatan tubuh yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980. Merek ini dimiliki oleh PT. Priskila Prima Makmur yang berkantor pusat di Jakarta.
Selain parfum, Casablanca diperluas ke berbagai jenis produk perawatan tubuh, mulai dari perfume EDT, body mist, deodoran, minyak rambut, krim rambut, losion tangan dan tubuh, hingga pewarna kuku.

Itulah merek-merek yang sukses menggunakan teknik foreign branding. Jika anda tertarik dengan branding dan desain kemasan jangan ragu untuk diskusi dengan kami.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

16 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago