Tools

8 Aplikasi AI Bermanfaat Untuk Desainer di 2023

Aplikasi Kecerdasan buatan atau AI adalah masa depan. Namun art yang dibuat oleh kecerdasan buatan itu rumit dan seringkali kontroversi, karena banyak perdebatan antara artist yang menilai AI art adalah bentuk pencurian.

Apa itu AI art? AI art adalah karya seni (visual, audio, dll) yang dihasilkan oleh proses machine learning. Yaitu mesin/program yang telah mempelajari beberapa informasi dan menggunakannya untuk menghasilkan gambar baru.

Manusia mungkin telah mengumpulkan sampel data atau instruksi untuk digunakan mesin, tetapi proses pembuatannya diserahkan mesin.

Aplikasi AI Bermanfaat Untuk Desainer

Sebagai desainer, kita dapat mendapatkan manfaat dari teknologi ini dan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Berikut daftar aplikasi AI yang bermanfaat:

1. Dall.E2

Dall.E2 adalah sistem AI generated art yang dapat membuat gambar realistis dan art hanya dengan teks. Sistem ini dapat menggabungkan konsep, style dan atribut dari teks yang kita masukan.

Dall.E 2 dapat membantu desainer dan artist menemukan referensi, atau inspirasi desain yang mereka butuhkan untuk dibuat. Sehingga dapat mempercepat pekerjaan.

2. Luma Ai

Luma AI menawarkan cara baru untuk membuat VFX yang menakjubkan secara visual. Gunakan pada gambar diam dan video untuk membuat karakter, scene, dan apa pun yang Anda inginkan agar terlihat seperti aslinya.

Selain itu Anda dapat menggunakan Luma untuk kebutuhan game assets. Ambil foto objek yang Anda inginkan kemudian export ke game engine apapun.

3. Durable

Durable adalah platform gratis dengan dukungan AI untuk membantu pemilik bisnis membuat situs web secara otomatis. Anda tinggal memasukan kategori bisnis dan nama brand, kemudian sistem akan otomatis membuat website Anda.

4. Jasper

Jasper adalah platform konten dengan dukungan AI yang dapat membantu Anda membuat konten orisinal 10X lebih cepat.

Aplikasi ini membantu Anda dengan cepat menemukan ide dan inspirasi. Seperti untuk posting blog, menulis berita yang lebih baik, membuat kutipan yang menarik, membuat kalender konten, dan banyak lagi.

5. Astria

Astria adalah salah satu software AI Generate art yang dapat membantu membuat visual yang indah dari gambar asli.
Salah satunya adalah product placement. Anda hanya menginputkan gambar produk kemudian sistem akan memproses menjadi konsep art dengan style yang lebih indah.

6. Runway ML

Runway adalah aplikasi konten AI untuk kebutuhan kolaborasi. Dilengkapi dengan fitur text to image, merubah dan menghapus gambar, infinite image, dll.

Runway mempermudah kolaborasi dengan teman, klien dengan tools AI yang beragam. Sehingga proses pengerjaan konten jadi lebih efisien.

7. Uizard

UIzard adalah tools desain antarmuka yang memiliki dukungan A.I. Anda dapat merubah sketsa menjadi desain UI yang dapat diedit. UIzard dapat digunakan untuk membuat desain aplikasi mobile, webapp, website dan antarmuka aplikasi.

8. Let’s Enhance

Let’s Enhance, aplikasi untuk memperbesar gambar tanpa kehilangan kualitas. Software ini dapat membantu menyempuranakan warna, rosolusi foto, dan memperbaiki foto produk secara otomatis.

Itulah beberapa aplikasi dengan dukungan kecerdasan buatan yang dapat mempermudah pekerjaan kita. Kedepan tidak menutup kemungkinan akan bermunculan aplikasi – aplikasi lain yang lebih bermanfaat dan membantu meningkatkan produktifitas.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

16 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago