Insight

5 Brand Restoran Cepat Saji Populer di Indonesia 2022

Restoran cepat saji di Indonesia sudah ada banyak sekali dan tersebar di berbagai kota. Selain itu, juga berasal dari berbagai brand, seperti KFC, McDonald’s, dan lainnya.

Namun, tahukah Anda restoran apa saja yang paling populer? Dalam artikel ini akan memaparkan brand restoran fast food yang populer di Indonesia berdasarkan skor TBI. Jadi, simak baik-baik jika ingin tahu informasinya secara lengkap.

Restoran Cepat Saji Populer

Penilaian Top Brand Award 2022 dilakukan berdasarkan survei pada 8.500 responden. Responden tersebut yang berada di 15 kota besar Indonesia. Sedangkan, bagiannya terdiri dari 6.000 sampel acak.

Lalu, 1.700 sampel Booster, kemudian yang terakhir 800 sampel Booster B2B. Untuk metode sampling-nya sendiri, pada survei sampel random dan retail ialah menggunakan multistage area random sampling. 

Sementara, untuk sampel Booster dipilih memakai metode purposive sampling. Dalam penilaiannya terdapat 3 parameter yang digunakan. Pertama, yaitu merk produk pertama atau Top of Mind yang disebut responden.

Baca Juga: 10 Hal Penting Untuk Branding Resto & Produk Makanan

Kemudian, yang kedua berupa merek produk terakhir yang dipakai responden atau last usage. Sedangkan, parameter yang terakhir adalah keinginan responden dalam menggunakan produk brand tersebut di masa depan. Nama lainnya adalah future intention.

Dari penilaian atau survei tersebut, telah diketahui apa saja restoran cepat saji yang berada di peringkat teratas. Berikut akan disebutkan 5 nama brand dan skornya.

1. KFC

Restoran fast food yang menempati posisi teratas adalah KFC atau Kentucky Fried Chicken. Restoran ini mempunyai skor TBI (Top Brand Index) sebesar 27,2%. KFC sendiri merupakan restoran yang berasal dari Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri pun mempunyai ratusan gerai yang tersebar di berbagai wilayah. Diantaranya seperti Bandung, Jakarta, Padang, Makassar, Surabaya, Medan, dan Manado.

Sedangkan, untuk menu yang tersedia di restoran ini berupa hot and crispy chicken, crispy box, spaghetti deluxe. Kemudian, ada juga french fries reguler, combo bento, puding, dan lain sebagainya.

2. McDonald’s

Kemudian di urutan kedua yaitu McDonald’s dengan skor TBI (Top Brand Index) sebesar 26,2%. Restoran ini berasal dari California, Amerika Serikat dan juga sangat populer di Indonesia.

Untuk cabangnya sendiri, bisa Anda temukan di berbagai kota Indonesia. Misalnya Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta, Solo, dan Manado. Menu andalan di restoran ini adalah bigmac, ayam spicy, mcnugget, mcflurry feat oreo, bubur ayam, dan lainnya.

3. Restoran Cepat Saji Hoka-Hoka Bento

HokBen atau Hoka-Hoka Bento menempati urutan yang ketiga dalam kategori restoran fast food terpopuler. Restoran ini sudah ada mulai tahun 1985 di Jakarta.

Saat ini sudah mempunyai beberapa gerai, yaitu di Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Bekasi, Depok, dan Palembang. Skor TBI yang didapatkan HokBen cukup jauh dengan McDonald’s, yaitu 9,4%.

Restoran ini terkenal dengan menu khas Jepang. Diantaranya seperti shirataki soup, sukiyaki, bento special, favorite set fried chicken. Kemudian ada teriyaki simple set beef, yakiniku, ekkado, dan lain sebagainya.

4. A & W

Restoran A & W menyusul kedudukan Hokben dengan skor 7,6%. Restoran ini sudah ada mulai tahun 1919 di Lodi, California. Beberapa menu yang tersedia di restoran ini, yaitu waffle, golden aroma chicken, mango chicken pocket, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menemukan restoran ini di beberapa lokasi. Misalnya, di Jakarta, Bali, Bandung, Balikpapan, Tangerang, Bogor, dan Palembang.

5. Richeese Factory

Selanjutnya adalah Richeese Factory dengan skor TBI 4,7%. Restoran ini merupakan sebuah jaringan rumah makan asal Indonesia yang menyajikan menu utama ayam goreng dengan keju.

Menu yang tersaji di restoran cepat saji ini berupa olahan daging ayam goreng tepung. Kemudian, disajikan menggunakan saus keju. Selain itu, juga tersedia daging dan sayap ayam dengan saus barbeque pedas.

Itulah 5 Restoran cepat saji terpopuler di Indonesia tahun 2022 berdasarkan skor TBI.

Ingin membuka bisnis restoran dan memerlukan visual branding ? Anda dapat memanfaatkan Paket Brand Identity Resto dari kemazan.com dan buat brand resto sesuai impian Anda.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

14 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago