Branding

18 Merek Yang Sukses Menjadi Produk Kategori

Banyak sekali masyarakat yang menyebut suatu produk dengan nama dari merek terntentu meskipun produk tersebut bermerek lain. Contohnya banyak masyarakat yang mengenal bahwa popok bayi adalah Pampers, padahal Pampers adalah nama merek dagang dari salah satu produk popok bayi, begitupula highlighter seperti Stabilo, padahal Stabilo adalah merek dagang.

Nah, jika merek produk anda ingin bisa seperti merek-merek diatas, buatlah produk yang benar-benar baru di kategori yang ada, buat barier to entry dan buat CHASM ( jurang/pembeda yg dalam dan lebar ) agar pesaing anda sulit menjangkaunya. Sehingga anda punya waktu utk mengaktifasi brand baru anda yg sudah tercipta di kategori yg baru pada market yg sudah anda tentukan ( iklan, sosmed dsb nya ) dan perbanyak chanel distribusi.

Berikut ini adalah 18 merek dagang yang sukses menjelma menjadi produk kategori.

1. Aqua

Aqua sukses menjadi kata ganti sebagai air minum dalam kemasan, di mata sebagian besar masyarakat semua air minum dalam kemasan adalah aqua, entah itu cleo, ades, pristine, pure life, semuanya aqua

2. Tipp-Ex

Sebenarnya correction pen adalah sebutan yang tepat untuk benda ini. Namun banyak dari kita yang malah menyebutnya sebagai “Tipp-Ex” yang sebenarnya adalah merek dagang.

3. Indomie

Indomie adalah merek dagang mie instan buatan indofood yang sangat populer, hingga hampir semua masyarakat menyebut semua mie instan goreng adalah indomie.

4. Odol

Odol adalah merek dagang untuk produk pasta gigi asal Jerman yang dibawa oleh tentara Hindia Belanda. Meskipun merek ini sudah puluhan tahun tidak beredar di Indonesia, namun banyak masyarakat masih menyebut semua pasta gigi adalah odol.

5. Chiki

Snack yang disukai anak-anak ini juga sudah lama berubah menjadi kata ganti untuk produknya, baik itu snack dengan merek lain juga sering disebut sebagai Chiki

6. Softex

Softex itu bukan sebutan untuk pembalut, namun softex adalah perusahaan lebih tepatnya Softex Indonesia. Dan pembalut bermerek softex adalah salah satu produknya.

7. Sanyo

Begitupulan dengan sanyo bukanlah pompa air, namun Sanyo adalah sebuah perusahaan dan pompa air adalah salah satu produknya. Padahal Sanyo juga memproduksi banyak produk lain selain pompa air.

8. Astor

Banyak dari kita menyebut wafer stick adalah Astor, meskipun Astor merupakan merek dagang dari produk wafer stick yang dimiliki oleh Mayora.

9. Honda

Yang satu ini mungkin tidak terlalu banyak yang keliru, namun tetap saja masih ada sebagian masyarakat yang menyebut bahwa semua motor adalah Honda.

Baca Juga: 5 Jenis Produk UKM Makanan & Minuman Terlaris

10. Rinso

Rinso merupakan merek dagang untuk produk detergen dari unilever. Meskipun begitu, cukup banyak masyarakat yang menyebut detergen merek lain dengan nama Rinso.

11. Stabilo

Sebagian besar masyarakat mungkin lebih familiar dengan kata “Stabilo” daripada “Highlighter”. Stabilo adalah merek dagang alat tulis yang juga memiliki Highlighter sebagai salah satu produknya.

12. Pop Mie

Mie dalam cup. Pop Mie sangat populer di pasaran. Bisa dikatakan hal inilah yang membuat banyak sekali masyarakat yang menyebut semua produk mie dalam cup adalah Pop Mie, walaupun itu Mie Sedaap cup, Abc, dll.

13. Betadine

Betadine adalah merek dagang dari produk antiseptik milik Avrio health. Meskipun begitu tetap saja masyarakat menyebut semua obat merah atau antiseptik luka adalah betadine.

14. Pylox

Dapat dikatakan banyak sekali masyarakat yang menyebut cat semprot sebagai “cat pylox” tanpa peduli merek cat tersebut. Pylox adalah merek cat semprot yang dimiliki oleh nippon paint.

15. Migelas

Migelas bukanlah satu-satunya produk mie dalam gelas yang beredar dipasaran, karena ada mie gelas so yumie, pun juga ada sarimi gelas. Namun tetap saja yang masyarakat tahu adalah semua produk mie dalam gelas adalah miegelas.

16. Autan

Autan adalah merek dagang dari produk lotion anti nyamuk yang sangat populer disamping merek-merek lainya, seperti soffel. Kebanyakan masyarakat pun sampai menyebut semua lotion anti nyamuk adalah autan.

17. Pampers

Pampers adalah merek dagang satu dari banyak produk popok bayi yang ada dipasaran, namun tetap saja sebagian masyarakat menyebut semua popok bayi adalah pampers. Hal ini cukup lucu misalnya menyebut “Saya mau beli Pampers merek MamyPoko”

18. Levi’s

Levi’s seringkali disebut sebagai jenis kain, atau celana yang berbahan denim. Padahal sebenarnya Levi’s adalah sebuah clothing brand yang didirikan oleh Levi Straus.

Itulah beberapa merek dagang yang sukses menjelma menjadi Produk kategori. Ingin diskusi lebih lanjut terkait branding? Jangan ragu untuk menghubungi kami

Source
Instagram @creativestas

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

18 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago