Typography

15+ Font Gratis Terbaik di Google Font 2023

Apakah anda sedang mencari rekomendasi Google Font terbaik untuk dimiliki di tahun 2023 ? Maka Anda berada di tempat yang tepat.

Ada 1464 Google Font Family yang tersedia secara gratis untuk didownload, dan itu sangat banyak pilihannya. Tidak heran jika Anda memerlukan bantuan untuk menemukan rekomendasi daftar font yang terbaik.

Apa itu Google Font

Google Font adalah font komputer dan layanan web font yang dimiliki oleh google. Termasuk font API untuk menggunakan font melalui web CSS dan Android.

Selain itu Google memiliki kumpulan font pilihan yang telah diaudit, dicoba dan diuji sebelum siap untuk diunduh.

Mengapa Menggunakan Google Font

Ada banyak alasan mengapa Google Font lebih unggul dari website penyedia font gratis lainya. Yang pertama adalah karena gratis dan didukung Google. Seorang desainer grafis tidak perlu khawatir mengenai lisensi font karena semuanya sudah diurus Google.

Intinya Google Font dianggap sebagai font yang aman untuk digunakan. Anda cukup mengunduhnya secara gratis dan menggunakannya untuk projek pribadi maupun komersial.

Baca Juga: 5 Situs Penyedia Font Keren dan Unik Untuk Kebutuhan Desain Grafis

19 Google Font Terbaik Untuk Dimiliki di 2023

Ada lebih dari 1.400 jenis font yang tersedia secara gratis di google font. Dan jumlahnya terus bertambah karena Google menambah font baru secara rutin. Satu-satunya masalah adalah ada begitu banyak font yang dipilih.

Karena itu kami akan memberikan rekomendasi font yang menurut kami menarik untuk membantu projek Anda.

1. Cinzel

Cinzel didesain oleh Natanael Gama. Memiliki jenis huruf yang terinspirasi dari prasasti Romawi abad pertama dan berdasarkan proporsi klasik.

2. Caudex

Caudex awalnya dibuat pada akhir tahun 90-an untuk mencetak beberapa teks tulisan tangan lama. Font ini dedesain oleh Nidud.

3. Belleza

Belleza adalah jenis huruf san serif yang terinspirasi oleh dunia fashion. Dengan proporsi klasik dan kontras tinggi memberikan tampilan yang fresh tentang model elegant dan kecantikan. Dirilis pada Juni 2022 didesain oleh Eduardo Tunni.

4. Federo

Federo adalah webfont referensi dari Feder Grotesk karya Jakob Erbar. Detail disempurnakan dan kontras sedikit dikurangi untuk konsistensi.

5. Mate

Mate didesain oleh Eduardo Tunni. Penggunaan font family ini untuk text, namun karena detail bentuk huruf yang konstruktif, family ini dapat digunakan dalam ukuran yang lebih besar atau untuk tipografi.

6. Italiana

Italiana dirancang untuk digunakan dalam headline surat kabar dan majalah. Font family ini terinspirasi oleh kaligrafi para master Italia. Sangat cocok untuk desain degan style keanggunan dan kecanggihan. Font ini didesain oleh Santiago Orozco.

7. Playfair Display

Playfair cocok untuk style jaman sekarang. Bisa untuk tampilan besar dan secara fungsioal style ini dapat digabungkan dengan font Georgia untuk body text. Didesain oleh Claus Eggers Sørensen

8. DM Sans

DM Sans adalah jenis sans serif dengan kontras rendah cocok digunakan pada ukuran teks yang lebih kecil. didesain oleh Colophon Foundry, Jonny Pinhorn, Indian Type Foundry

9. Syne

Syne awalnya dibuat pada 2017 untuk Pusat Seni “Synesthésie”, yang berbasis di Saint-Denis pinggiran kota Paris. Didesain oleh Bonjour Monde, Lucas Descroix, George Triantafyllakos.

10. Krona One

KronaOne didesain oleh Yvonne Schüttler, adalah jenis sans serif semi-extended dengan kontras rendah. Krona dapat digunakan dari ukuran kecil hingga tampilan yang lebih besar. Krona Terinspirasi oleh tulisan tangan pada poster Swedia awal abad ke-20.

11. Cormorant

Cormorant dikembangkan oleh Christian Thalmann. Proyek saat ini terdiri dari total 45 file font yang mencakup 9 gaya visual yang berbeda.

12. Vollkorn

Vollkorn muncul sebagai desain jenis huruf pertama oleh Friedrich Althausen. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2005 di bawah lisensi Creative Commons, segera diunduh ribuan kali dan digunakan di semua jenis proyek web dan cetak.

13. Yeseva

Yeseva adalah Jenis serif yang sangat feminim. Nama Yeseva berasal dari frasa “Ya, Eva”. Sebagai tanda persetujuan penuh antara pria dan wanita.
Yeseva didesain oleh Jovanny Lemonad yang dedikasikan untuk istri tercintanya

14. Raleway

Raleway adalah jenis sans serif dengan style elegant. Didesain oleh Matt McInerney, Pablo Impallari, Rodrigo Fuenzalida.

15. Della Respira

Della Respira adalah awal mula kebangkitan jenis huruf Della Robbia tahun 1913 oleh American Type Founders, berdasarkan Jenis huruf T.M. Cleland dengan nama yang sama.

16. Antic Didone

Antic dirancang untuk digunakan dalam headline surat kabar dan majalah. Memberikan kebebasan desainer untuk membuat tipografi ritmis dan dinamis.

17. Oxygen

Oxygen adalah bagian dari projek KDE, libre desktop untuk sistem operasi GNU+Linux. Desainnya dioptimalkan untuk sistem rendering font FreeType dan bekerja dengan baik di semua antarmuka pengguna grafis desktop.

18. Spectral

Spectral menawarkan desain yang indah dan efisien yang ditujukan terutama untuk lingkungan banyak teks, layar pertama, dan paragraf bentuk memanjang.

19. Ibarra Real Nova

Ibarra Real Nova didesain oleh José María Ribagorda, Octavio Pardo. Memiliki tampilan elegant dan desain yang indah.

Itulah bebarapa rekomendasi font terbaik di Google Font. Dan kemungkinan besar akan ada font terbaik lainnya. Karena Google Font adalah kumpulan font family yang sangat besar, setiap hari ada font baru yang ditambahkan disana. Jadi Anda dapat langsung mengunjungi situs Google Font dan mencari font terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Kemazan

Recent Posts

Pentingnya Desain Produk Display untuk Jualan di E-Commerce

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi banyak bisnis untuk memasarkan…

16 hours ago

Tugas Community Manager Untuk Perkembangan Sebuah Brand

Di era digital yang semakin maju, peran Community Manager dalam perkembangan sebuah brand menjadi sangat…

1 week ago

Gemini Imagen 3, Gambar AI Generative Terbaru untuk Pengguna Google Gemini

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran model AI generasi gambar terbarunya, Imagen 3, yang kini tersedia…

2 weeks ago

Penggunaan AI Image Generatif Untuk Membuat Referensi Desain

Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi alat yang semakin populer di industri…

1 month ago

Contoh Prompt untuk Membuat Gambar Realistik Menggunakan AI Model Flux

Dalam era teknologi yang semakin canggih, inovasi dalam kecerdasan buatan terus berkembang pesat, khususnya dalam…

2 months ago

Menyambut 2025: Font yang Cocok untuk Tema Akhir Tahun dan Tahun Baru

Ketika tahun baru 2025 semakin mendekat, banyak desainer mulai mencari font yang mampu mewujudkan semangat…

2 months ago